Usulan Overlay Landasan Bandara Belum Disetujui

oleh -83 Dilihat
Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa, Tri Pono Basuki

Beritasumbawa.com (28/9/2022)

SUMBAWA- Untuk menghadapi event MXGP Juni lalu, landasan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa akan dipertebal atau dioverlay. Namun, hingga mendekati penghujung akhir tahun ini, rencana tersebut belum terealisasi.

Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa, Tri Pono Basuki mengatakan, usulan terkait overlay landasan itu sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan tahun ini. Namun, hingga saat ini usulan tersebut belum disetujui oleh pihak kementerian.

Karenanya, usulan tersebut kembali dilayangkan untuk dilaksanakan tahun depan. Mengingat, event MXGP di Kabupaten Sumbawa masih akan berlanjut hingga beberapa tahun kedepan. Namun, pihaknya masih belum mengetahui apakah usulan itu akan disetujui untuk dilaksanakan tahun depan.

Disinggung terkait kondisi landasan bandara saat ini, menurutnya, untuk penerbangan reguler dengan kondisi saat ini tidak ada persoalan. Dengan kondisi yang ada sekarang, bisa juga dilandasi dengan pesawat jenis Boeing kapasitas 107 penumpang.

Dijelaskan, secara hitung-hitungan memang kondisi landasannya mumpuni. Namun, saat ini kondisi landasan sudah banyak butiran aspalnya yang terlepas. Kondisi ini harus segera diantisipasi. “Sama saja seperti di aspal, jika banyak pasir, pasti licin,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/9) sore.

Diungkapkan, anggaran perawatan landasan biasanya setiap tahun ada. Namun, karena pandemi, anggarannya jauh berkurang. Karena itu, pihaknya mengoptimalkan anggaran yang diberikan guna pemeliharaan bandara. “Tantangan terbesar itu bagaimana bisa berprestasi dengan keterbatasan,” imbuhnya.

kehilangan

Dalam event MXGP, lanjutnya, ada sejumlah hal yang dikerjasamakan dengan Pemorov NTB. Terutama terkait pembenahan di bandara. Salah satunya pembangunan pintu gerbang bandara. Nantinya akan ada penebalan landasan laham parkir, agar tidak tergenang. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.