Kades dan Ketua BPD Labuhan Jambu Ditahan Jaksa

oleh -176 Dilihat
MH (kaos merah) dan As (menggunakan topi), saat hendak memasuki mobil tahanan Kejari Sumbawa, untuk ditahan di Lapas Sumbawa

Beritasumbawa.com (19/8/2022)

SUMBAWA- Kepala Desa Labuhan Jambu MH dan Ketua BPD setempat As ditahan oleh jaksa. Penahanan ini dilakukan, setelah keduanya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyimpangan pengadaan tanah Desa Labuhan Jambu, Kecamatan Tarano, 2019 lalu.

Dari pantauan media di lapangan, sebelumnya dilakukan pemeriksaan tambahan terhadap MH dan As, Jumat (19/8). Pemeriksaan dilakukan sejak pagi hari. Seusai pemeriksaan, MH dan As ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya kemudian ditahan dan dititipkan di Lapas Sumbawa, Jumat malam.

Dalam kasus ini, kedua tersangka disampingi oleh kuasa hukumnya, Kusnaini, SH. Penahan tersebut juga langsung disaksikan oleh penasehat hukum keduanya.

Kasi Intel Kejari Sumbawa, A.A. Putu Juniartana Putra, yang dikonfirmasi membenarkan penahanan tersebut. Penahanan ini dilakukan, setelah keduanya menjalani pemeriksaan tambahan. “Iya benar. Hari ini kades dan Ketua BPD Labuhan Jambu kita tahan di Lapas Sumbawa,” ujar Agung, akrabnya disapa.

Dipaparkan, penahanan tersebut terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi pengadaan tanah melalui APBDes Labuhan Jambu, Kecamatan Tarano, 2019 lalu. Dalam hal ini, Kejari Sumbawa sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak. Termasuk kades dan ketua BPD setempat.

Kejari Sumbawa juga telah meminta audit dari Inspektorat Sumbawa. Hal ini dilakukan guna perhitungan kerugian negara (PKN). Berdasarkan hasil perhitungan tim audit, dalam kasus ini negara dirugikan sebesar Rp 170 juta.

kehilangan

Adapun pasal yang dilanggar yakni pasal 2 atau pasal 3 junto 55 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.