Tahapan UKW PWI Se-NTB di Sumbawa Dimulai

oleh -77 Dilihat
Tim penguji UKW se-NTB saat tiba di Sumbawa

Beritasumbawa.com (14/7/2022)

SUMBAWA- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI se-NTB di Kabupaten Sumbawa, resmi dimulai. Ditandai dengan kedatangan tim penguji yang diutus oleh Dewan Pers Pusat.

Ketua Panitia kegiatan, Zainuddin, SE, mengatakan, para tim penguji itu telah tiba di Sumbawa, Kamis (14/7) pagi. Tim penguji tersebut berasal dari NTB, Bali dan Jakarta. “Tim penguji itu diutus langsung oleh Dewan Pers. Tim ini nanti yang akan menguji para wartawan yang menjadi peserta,” ujar Zain, yang juga Ketua PWI Sumbawa ini.

Dijelaskan, UKW PWI se-NTB ini terdiri dari beberapa tahapan. Dimulai dari pembekalan yang dilakukan Kamis (14/7) sore. Dalam pembekalan ini, tim penguji akan memberikan penjelasan mengenai tata cara pelaksanaan serta kisi-kisi ujian tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan ujian yang dilaksanakan di Hotel Sumbawa Grand. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 15 hingga 16 Juli. Kegiatan ini akan diikuti oleh 21 orang wartawan dari seluruh kabupaten/kota se-NTB.

Menurut Zain, UKW ini perlu digelar. Karena insan pers yang tergabung dalam PWI memiliki keinginan yang sama dengan pemerintah. Untuk melahirkan wartawan yang berkompeten. “Dengan berkompetennya wartawan, maka karya jurnalistik yang dihasilkan akan berkualitas. Dengan demikian, masyarakat juga akan lebih tercerahkan. Karena terhindar dari informasi yang tidak benar,” katanya.

Tidak hanya karya jurnalistik, lanjut Zain, UKW ini juga akan membentuk insan pers menjadi wartawan yang beretika dan beradab. UKW ini juga suatu keharusan. Karena semua organisasi profesi mengharuskan semua anggotanya berkompeten.

kehilangan

Setelah pelaksanaan ujian nanti, para peserta juga akan mengikuti pers trip ke Pulau Moyo. Tujuannya, sekaligus mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sumbawa. “Kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan Pemda Sumbawa dan Pemprov NTB,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.