MXGP Indonesia of Samota Sumbawa, Resmi Dimulai

oleh -42 Dilihat
Menpora RI, Zainuddin Amali, saat membuka event MXGP Indonesia of Samota Sumbawa 2022

Beritasumbawa.com (24/6/2022)

SUMBAWA- Event Internasional MXGP Indonesia of Samota Sumbawa, resmi digelar. Event ini dibuka oleh Presiden yang diwakili oleh Menpora RI, Zainuddin Amali di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (24/6) sore.

Pembukaan ini dihadiri oleh Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah, Direktur FIM, Antonio Portela, CEO Infront, David Luongo, Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Palewang, para pembalap MXGP, pembalap MX2, para official, pejabat Pemprov NTB, pejabat Pemda Sumbawa dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Dalam kegiatan itu, menpora mengatakan, Presiden RI menyampaikan salam hangat untuk masyarakat di NTB, khususnya Sumbawa. Karena, suatu kehormatan Sumbawa bisa menjadi tuan rumah MXGP 2022. “Buat masyarakat NTB, baru saya diinformasikan oleh David dan Antonio, event ini akan berlangsung selama lima tahun. Ini menjadi kebanggaan. Satu di Sumbawa dan satu di Lombok,” ujarnya.

Zainuddin menegaskan, pemerintah mendukung kegiatan seperti ini setelah pandemi. NTB diharapkan mulai bergeliat lagi melalui kegiatan olahraga dan sport tourism. Dengan harapan perekonomian masyarakat bisa berputar.

Presiden berpesan, jadilah tuan rumah yang baik. Karena keramahtamahan yang akan dikenang oleh para pembalap dan tamu yang datang. Juga diharapkan dengan kegiatan ini bisa menumbuhkan bibit pembalap Indonesia dalam event internasional.

Presiden juga memintanya untuk mengambil peluang sebanyak mungkin kegiatan olahraga bertaraf internasional untuk dilaksanakan di Indonesia. “NTB sudah mulai. Sekaligus menjadi harapan buat masyarakat. Selamat kepada semua pembalap, untuk menikmati sirkuit Samota. Saya berharap, para pembalap bisa menikmati balapan di sirkuit Samota,” imbuhnya.

kehilangan
Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah, saat membacakan sambutannya pada pembukaan MXGP Indonesia of Samota Sumbawa

Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah mengatakan, pihaknya menyambut para tamu untuk melaksanakan event MXGP di Samota. Setelah pelaksanaan kegiatan WSBK dan Motor GP di Mandalika. Pihaknya mengaku sangat bahagia menyambut para pembalap dan tamu lainnya dalam event MXGP 2022.

Gubernur mengatakan, awal Juli 2018 lalu, NTB diterjang bencana gempa. Pasca gempa, pihaknya harus memulihkan diri dari trauma. Namun, tidak lama muncul pandemi covid. Meski demikian, warga NTB harus pulih. “Saat ini, kami siap menyambut tamu dalam event internasional MXGP seri ke-12 di Indonesia, setelah pandemi,” terang Bang Zul, akrabnya disapa.

Menurutnya, Sirkuit Samota ini lokasi yang indah. Para pembalap tidak akan melihat hal yang lebih indah di NTB dari Samota.

Untuk mempersiapkan event ini, lanjut Bang Zul, pihaknya memiliki waktu selama tiga bulan. Hal ini memang tidak mudah. Namun, impian agar event ini terlaksana, harus dipenuhi. “Dengan perlahan, kami bisa memenuhi mimpi besar ini. Dengan demikian, perekonomian masyarakat akan berputar,” katanya.

Dia berharap para tamu dapat menikmati indahnya alam dan keramahtamahan masyarakat saat berada di Samota. Terakhir, Bang Zul mengucapkan kepada pembalap dan tamu undangan, selamat datang dan terimakasih.

Selanjutnya, Direktur FIM, Antonio Portela mengaku sangat senang kembali ke Indonesia setelah dua tahun pandemi. Pihaknya berterimakasih dengan semua persiapan dan sambutan yang dilakukan. Sehingga membuat event ini sukses terlaksana. Dia juga berharap agar event ini bisa kembali dilaksanakan lagi tahun depan.

Hal senada juga disampaikan CEO Infront, David Luongo. Menurutnya, tidak ada tempat terindah lain di Samota untuk pelaksanaan MXGP ini.

Selain itu, track balapnya juga bagus. Dia berterimakasih kepada semua pihak yang membuat kegiatan ini terlaksana dengan baik. Meskipun persiapannya dilakukan dalam waktu yang singkat.

“Kami bangga terhadap kalian. Ini adalah tempat terindah di Indonesia. Kami merasa diterima dan dianggap keluarga di sini. Saya berharap kegiatan ini bisa berlanjut tahun-tahun selanjutnya,” tambahnya.

Para pembalap dan tamu saat diarak menggunakan dokar menuju istana Dalam Loka Sumbawa

Setelah kegiatan resmi dibuka, para pembalap kemudian diarak menggunakan dokar. Para pembalap dan tamu undangan ini kemudian menuju Istana Dalam Loka. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.