WNA yang Nonton MXGP Bakal Disanksi, Jika…

oleh -10 Dilihat
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Pungky Handoyo

Beritasumbawa.com (10/6/2022)

SUMBAWA- Pihak Imigrasi akan melakukan pengawasan ketat kepada WNA yang datang untuk menyaksikan event MXGP nanti. Apabila WNA tetap nekat datang untuk menonton MXGP tanpa dokumen keimigrasian yang lengkap, maka akan dikenakan sanksi yang tegas.

kehilangan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Pungky Handoyo mengatakan, pihaknya sangat mendukung terlaksananya MXGP di kawasan Samota. Peserta dan penonton yang datang tiba melalui tempat yang ditentukan oleh pihak Imigrasi. Seperti di bandara dan pelabuhan. “Sesuai informasi, para peserta dan penonton yang merupakan warga negara asing, akan diperiksa dokumen keimigrasiannya di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Lombok,” ujar Pungky, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/6) siang.

Meski demikian, apabila ada WNA yang tiba menggunakan yacht atau perahu layar, maka akan dilakukan clearence terhadap WNA tersebut. Clearence ini akan dilakukan di lokasi yang sudah disiapkan.

Dalam hal ini, Pungky menjelaskan, panitia ataupun agensi WNA bersangkutan harus menghubungi Imigrasi terlebih dahulu. Untuk memberikan clearence atau proses penyelesaian keimigrasian kepada WNA dimaksud. Nantinya, petugas akan memeriksa keabsahan dokumen keimigrasian dari WNA tersebut. Kemudian memberikan cap tanda masuk pada paspor WNA itu untuk masuk ke Sumbawa.

“SOP-nya, nanti agensi akan melapr ke Imigrasi. Kemudian Imigrasi datang ke lokasi yang sudah ditentukan guna pemeriksaan dokumen,” terangnya.

Pungky menegaskan, WNA yang datang harus dengan dokumen keimigrasian lengkap. Seperti memiliki visa dan izin dari Syahbandar. Karena, agensi harus memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Syahbandar dan Imigrasi. Jika WNA tersebut membandel dan masuk tidak sesuai ketentuan, maka bisa dikenakan sanksi. Yakni pidana penjara paling lama setahun dan atau denda paling banyak Rp 100 juta. (bs/mei)

kehilangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.