Haji Ilham Kembali Pimpin IKA PMII Sumbawa

oleh -22 Dilihat
Muscab II IKA PMII Kabupaten Sumbawa tahun 2022

Beritasumbawa.com (27/5/2022)

SUMBAWA- H. Ilham Mustami, S.Ag, kembali menjabat Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Sumbawa. Alumni PMII Cabang Jogja itu terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang (Muscab) II IKA PMII di MilkyBo, di Jalan Mawar, Kelurahan Bugis, Kamis (26/5) malam.

Sementara posisi Sekretaris dijabat oleh Syukri Rahmat, S.Ag. Dengan bendahara Dedi Susanto, S.PdI., Ketua Majelis Pertimbangan Drs. Mohammad Ansori dan Sekretaris majelis pertimbangan Ahmadul Kusasi, SH. Untuk Ketua Dewan Penasihat, dijabat oleh Dr. H. Muhammad Ikhsan.

Dalam kegiatan itu, H. lham Mustami mengungkapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan. Kedepannya program IKA PMII akan dimaksimalkan. Keberadaannya pun diharapkan dapat bermanfaat bagi para anggota dan para kader PMII. ”IKA PMII harus memberi manfaat kepada anggota. IKA PMII harus berperan dalam hal distribusi kader. Para alumni PMII harus mengisi posisi-posisi strategis di Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Menurut Haji Ilham, akrabnya disapa, tidak dipungkiri, IKA PMII Sumbawa masih kekurangan sumber daya. Sebaran alumni pun masih terbatas. Tidak seperti di daerah-daerah di Pulau Jawa. Karenanya, alumni PMII ke depannya harus lebih solid.

”Tantangan ke depan semakin besar. Sumber daya kita masih minim. Jadi kita harus lebih semangat dan lebih solid. Kita bersatu saja belum tentu kita bisa meraih apa yang kita cita-citakan. Apalagi kita pecah,” katanya.

Sektetaris IKA PMII Sumbawa, Syukri Rahmat menambahkan, secara kuantitas jumlah alumni PMII Sumbawa sangat besar.

kehilangan

Dipaparkan, PMII Sumbawa telah hadir sejak 1995 lalu. Artinya telah sukses mencetak ribuan alumni.

Sebagian besar mereka diyakini belum terdata dan sebagian lainnya telah sukses menempati pos-pos strategis di Kabupaten Sumbawa. Seperti di Bawaslu, KPU, kepala desa, anggota dan pimpinan dewan hingga ketua partai politik.

”Perbedaan di luar itu sah. Di luar kita bisa warna kuning, hijau, krem, begitu ada di IKA akan muncul semangat IKA. Kita tak pungkiri perhelatan 2024,” ujarnya berseloroh.

Ketua MUI Sumbawa itu menilai keberadaan IKA PMII sangat penting. Selain sebagai wadah silaturrhim, juga sebagai wadah untuk berdiskusi, bertukar ide dan gagasan. Dan yang tak kalah penting, IKA PMII harus berperan dalam membumikan paham ahlussunnah wal jamaah.

”Saling menguatkan, itu agenda besar kita. Membangun toleransi semangat kebersamaan sesama anak bangsa. Sesama beda organisasi maupun beda agama. Di IKA tidak hanya berpikir tentang IKA, tapi tentang negara dan agama,” pungkasnya.

Wakil Ketua Majelis Pertimbangan IKA PMII Sumbawa, Drs. Mohamad Ansori mengungkapkan bahwa PMII Sumbawa salah satu organisasi besar. Alumninya tersebar dimana-mana. Mulai dari kepala desa, pengusaha hingga politisi.

”Tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana,” ujar Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sumbawa itu.

Menurutnya, sebaran alumni menjadi salah satu bukti bahwa SDM PMII tidak kalah dengan organisasi lain di Sumbawa. Karenanya, dia mengajak kepada semua alumni untuk lebih semangat dan solid.

”SDM PMII siap berkiprah di tengah masyarakat. Mari kita dorong semua anggota IKA tetap fokus dan semangat bahwa kita bisa,” pungkasnya. (bs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.