MXGP Samota 2022 di Sumbawa Resmi Dilaunching

oleh -31 Dilihat
Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, memukul gong tanda dimulainya MXGP Samota 2022 di Sumbawa

Beritasumbawa.com (25/5/2022)

SUMBAWA- MXGP Samota 2022 di resmi launching di Sumbawa. Ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, di Rocket Sirkuit Samota, Rabu (25/5) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sumbawa, Dewy Noviany, S.Pd., M.Pd., Koordinator Lapangan MXGP, Ir. H. Ridwan Syah, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Nanang Nasiruddin dan perwakilan Kodim 1607/Sumbawa.

Dalam kegiatan itu, Koordinator Lapangan MXGP, Ir. H. Ridwan Syah mengatakan, tidak ada keraguan bahwa Samota akan menjadi lokasi pelaksanaan kejuaraan dunia MXGP 2022. MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022, akan dilaksanakan di Rocket Circuit Samota. Pelaksanaannya juga sudah dilaunching di Jakarta belum lama ini.

Menurut Dae Iwan, akrabnya disapa, Samota dipilih sebagai lokasi harus dimaknai sebagai berkah, terutama bagi masyarakat. Karena, kejuaraan ini membawa nama baik Indonesia. Event ini merupakan bagian dari seri kejuaraan dunia yang diselenggarakan oleh Infront selaku pelaksana.

Samota ditunjuk, karena NTB sukses melaksanakan Motor GP di Mandalika lalu. Dimana dam event tersebut, multiplier effectnya sangat dirasakan. Diharapkan hal serupa juga dirasakan oleh masyarakat Sumbawa dalam event MXGP ini. Karena itu, kesempatan ini jangan disia-siakan. Sebab tidak mudah untuk terpilih sebagai lokasi pelaksanaan event ini. Event ini juga diharapkan bisa memulihkan perekonomian Sumbawa.

“Kalau tidak karena MXGP, Kementerian PU mungkin tidak pernah berfikir untuk mempercepat pembangunan jalan Samota. Mari kita syukuri momentum ini untuk menggeliatkan kembali Samota Sumbawa NTB di mata internasional,” ujarnya.

kehilangan

Kegiatan ini, lanjutnya, akan dihadiri oleh perwakilan dari 19 negara. Jumlah pembalap dan crew diperkirakan sebanyak 500 orang. Mereka akan tiba di Indonesia pada tanggal 21 Juni mendatang. Dari keseluruhannya, ada sekitar 80 orang pembalap yang terdiri dari pembalap MX2 dan MXGP. Para peserta ini akan diterima di enam hotel yang sudah ditetapkan Pemda Sumbawa.

“Selain itu, sekitar 50 ribu penonton akan didatangkan. Tentu ini sebuah momentum yang menjadi tantangan dan peluang bagi masyarakat. Dimana mereka nginap, makan dan melihat apa di Sumbawa. Karena itu, kegiatan ini bukan hanya sekedar balap saja. Dipilihnya Sumbawa, bagaimana memajukan daerah ini melalui sport tourism. Bagaimana mengeksplore Sumbawa dengan potensi lain yang ada,” imbuhnya.

Dae Iwan mengungkapkan, sirkuit ini dibangun di lahan seluas 15 hektar. Progres pembangunannya saat ini mencapai 40 persen. Paling lama tanggal 15 Juni pembangunannya akan selesai. Dalam hal ini, pihaknya terus bekerja. Setelah sirkuit selesai, seluruh peralatan akan dibawa langsung ke lokasi.

Diperkirakan, acara ini akan menyedot sekitar 50 ribu penonton yang dibagi jadi tiga kelas. Pertama, penonton berdiri, kemudian kelas VIP dan VVIP. Menurut informasi dari penyelenggara, harga tiket termurahnya yakni Rp 100 ribu.

Dijelaskan, model sirkuitnya seperti mangkuk. Jadi semua penonton bisa melihat pembalap yang beraksi. Sehingga pergerakan pembalap bisa dilihat dari sisi manapun. Tiket mulai dijual awal Juni nanti. Penjualan tiket ini akan dilakukan secara offline dan online.

“Mari hadirkan keramahtamahan Sumbawa. Sumbawa yang bersih dan Sumbawa yang nyaman. Kita Terima tamu dengan sebaik-baiknya. Suksesnya MXGP ini tergantung bagaimana siarannya ke seluruh dunia. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama empat tahun. Memang kegiatan pertama ada kekurangannya. Namun, Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar hingga seterusnya. Mudah-mudahan ini awal bagi kita semua untuk menumbuhkan kembangkan ekonomi, melalui sport tourism MXGP Samota Sumbawa 2022,“ imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan, event ini adalah berkah dan tantangan. Karena Kabupaten Sumbawa akan menerima 50 ribu tamu. Kepada OPD diminta untuk menunjukkan dan berbuat sesuai tupoksi. Sehingga dapat menerima tamu dengan daik. Tunjukan bahwa Sumbawa sangat menerima tamu dari luar daerah. “Karena dengan 50 ribu orang yang datang ini, yang paling simple saja bagaimana konsumsinya. Jadi kita harus siapkan,” terang bupati.

Lebih lanjut bupati mengatakan, para pelaku UMKM juga bersemangat untuk menyambut event ini. Karena kegiatan ini akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumbawa secara keseluruhan.

Lebih lanjut bupati mengatakan, awalnya pihaknya terkejut karena diberikan tugas sebagai tuan rumah pelaksanaan MXGP oleh gubernur. Awalnya disiapkan enam lokasi untuk pelaksanaan. Akhirnya dipilihlah lokasi saat ini di Samota.

“Pada 15 Juni, lokasi ini akan dituntaskan. Bagaimanapun, event ini harus berhasil,” pungkas bupati. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.