Persiapan Penempatan Pelaku UMKM Hampir 100 Persen

oleh -26 Dilihat
Kepala Dinas Koperasi UKM Indag Kabupaten Sumbawa, Riki Trisnadi

Beritasumbawa.com (9/5/2022)

SUMBAWA- Pemda Sumbawa akan menempatkan para pelaku UMKM di sirkuit MXGP selama perhelatan event internasional tersebut. Saat ini, para pelaku UMKM itu hampir100 persen siap untuk ditempatkan.

Kepala Dinas Koperasi UKM Indag Kabupaten Sumbawa, Riki Trisnadi mengatakan, pihaknya salah satu instansi yang menangani persiapan pelaku UMKM di venue MXGP. Karena event ini akan dimanfaatkan sebagai ajang expo UMKM dan kuliner lokal Sumbawa. “Selain pelaku UMKM lokal, tidak menutup kemungkinan kami mengundang pelaku UMKM dari luar Sumbawa. Seperti dari Bima, KSB dan Pulau Lombok. Juga tidak menutup kemungkinan undang pelaku UMKM di luar NTB,” ujar Riki, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/5) siang.

Menurut Riki, kesiapan pelakunya sudah hampir 100 persen. Hanya saja, nanti akan diundi terkait penempatan pelaku UMKM di sirkuit MXGP. Karena nanti para pelaku UMKM ini akan ditempatkan sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Selain itu, pelaku UMKM juga akan diberikan pelatihan bahasa Inggris. Dalam hal ini, pihaknya bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi di Sumbawa. Guna mendampingi memberikan pelatihan bahasa Inggris bagi para pelaku UMKM. “Diperkirakan dalam minggu ketiga Mei ini akan action. Targetnya 50 pelaku UMKM lokal. Yang diprioritaskan adalah pelaku UMKM yang sudah dikurasi produknya yang akan ditampilkan di MXGP,” terang Riki.

Terkait penempatan pelaku UMKM itu sendiri, merupakan kewenangan dari EO. Hasil koordinasi, fasilitas sebagian pelaku UMKM akan ditanggung oleh EO event tersebut. Sisanya akan menjadi tanggung jawab dari Pemda Sumbawa.

Lebih lanjut Riki mengatakan, para pelaku UMKM ini juga ditempatkan di sentral kota. Seperti di Taman Mangga dan sejumlah lokasi lainnya. Karena selama pelaksanaan MXGP, dilaksanakan expo juga di Taman Mangga. Karena sebagian pengunjung pasti akan berjalan-jalan di dalam kota. Karena itu, akan difokuskan untuk mengunjungi pelaku UMKM yang sudah disiapkan.

kehilangan

Kepada pelaku UMKM juga diimbau untuk menata tempat masing-masing. Seperti menata kebersihan lingkungan berdagang masing-masing. Pihaknya juga meminta agar para pelaku UMKM ini membenahi sanitasi milik mereka. Demi memberikan jaminan kesehatan bagi para wisatawan yang hadir nanti. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.