Jelang Mudik, Vaksinasi Booster Meningkat

oleh -44 Dilihat
Vaksinasi booster di Kabupaten Sumbawa

Beritasumbawa.com (14/4/2022)

SUMBAWA- Menjelang mudik, vaksinasi booster di Kabupaten Sumbawa, mengalami peningkatan. Mengingat, saat ini salah satu persyaratan masyarakat untuk mudik, yakni harus sudah melakukan vaksinasi booster.

Kepala Bidang P3PL Dinas Kesehatan Sumbawa, H. Sarip Hidayat, SK., MPH, mengungkapkan, hingga 14 April, capaian booster di Kabupaten Sumbawa sudah mencapai 10,16 persen. Dengan capaian perhari sekitar 500 hingga 600 dosis perhari. “Dalam hal ini ada peningkatan dalam capaian perhari. Sebelumnya, hanya 50 hingga 100 dosis perhari,” ujar Haji Sarip, akrabnya disapa.

Diungkapkan, adanya peningkatan capaian ini dikarenakan adanya edaran Satgas Covid Nasional terbaru. Dimana disyaratkan bagi masyarakat yang akan mudik harus divaksinasi terlebih dahulu. “Jika baru vaksin tahap pertama, maka diharuskan PCR terlebih dahulu. Apabila sudah melakukan vaksinasi tahap kedua, harus melakukan rapid test antigen. Jika sudah booster, tidak perlu ada rapid test atau PCR,” imbuhnya.

Haji Sarip memaparkan, untuk pelayanan vaksinasi booster dilakukan dengan cara jemput bola, seperti biasanya. Saat ini pihaknya sudah mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk melakukan vaksinasi booster jauh-jauh hari. Jangan sampai berbondong-bondong mendekati waktu mudik.

Selain di puskesmas, lanjut Haji Sarip, nanti akan dibentuk pos kesehatan di sepanjang jalur mudik. Untuk. Melayani masyarakat yang akan mudik. Tentunya hal ini tidak akan mengganggu pelayanan di fasilitas kesehatan lain. Karena sudah ada tim tersendiri yang akan melayani di pos pelayanan vaksin tersebut.

“Logistik vaksin sangat siap. Capaian untuk dosis pertama 94,24 persen, dosis kedua 79,17 persen,” pungkasnya. (bs/mei)

kehilangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.