Hari Ini, Sirkuit MXGP Mulai Dikerjakan

oleh -79 Dilihat
Sejumlah alat berat mulai mengerjakan pembangunan sirkuit MXGP

Beritasumbawa.com (11/4/2022)

SUMBAWA- Progres pelaksanaan MXGP 2022 di kawasan Samota, memasuki tahap baru. Ditandai dengan mulai dikerjakannya sirkuit event internasional tersebut, di kawasan Samota, Senin (11/4) pagi.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang ditemui di lokasi mengatakan, setelah sukses menggelar dua event balap motor kelas dunia yakni WSBK dan MotoGP Mandalika, Pemprov NTB akan kembali menggelar ajang balap motor kelas dunia. Yakni MXGP yang akan digelar tanggal 26 Juni 2022 mendatang di Samota. “Hari ini sirkuit motor cross kelas dunia tersebut mulai dibangun,” ujar gubernur.

Menurut Bang Zul, akrabnya disapa, proses pembangunan sirkuit sudah mulai dikerjakan. Sejumlah alat berat sudah mulai beroperasi di atas lahan seluas 15 hektare. Lahan yang sebelumnya merupakan ladang jagung tersebut kini sudah mulai dibuka dan dibentuk menjadi sirkuit MXGP.

“Lokasi balap motor yang akan diikuti oleh sembilan belas negara, kali ini bukan di Pulau Lombok ya. Tapi di Sumbawa, tepatnya di Samota,” katanya.

Diungkapkan, tim dari Infront Motor Racing dan IMI, sudah datang langsung ke Samota Sumbawa. Untuk melihat langsung proses pembangunan sikuti ini. Mereka ingin memastikan apakah informasi yang diberikan selama ini dari foto dan video, sesuai dengan di lapangan. “Tim Infront sudah datang ke lokasi, saat melihat langsung lokasi, mereka senang,” imbuhnya.

Diharapkan, kata ia, kesuksesan di Mandalika juga akan terukir di Sumbawa. Dimana efek dari event besar ini dirasakan oleh masyarakat luas. “Mudah mudahan, dengan adanya MXGP ini, akan membawa dampak yang baik terutama bagi pengusaha lokal dan juga bagi masyarakat Sumbawa,” terang gubernur.

kehilangan

Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, menambahkan, lahan yang sudah disiapkan Pemda Sumbawa seluas 50 hektare. Namu demikian kata Novy, untuk lahan utama sirkuit hanya dibutuhkan sekitar 15 hingga 20 hektare.

“Kita sudah siapkan lahan seluas 50 hektare. Namun untuk lokasi trek sirkuit hanya 15 sampai 20 hektare. Nah, apabila masih dibutuhkan untuk Venue MXGP seperti untuk tribun penonton, paddock dan fasilitas kesehatan, maka lahannya juga sudah siap,” kata Novy.

Setelah tim arsitek dari Infront selesai mengerjakan master dan design, maka hari ini langsung pembuatan sirkuit. Intinya Pemda Sumbawa sudah siap. Semua fasilitas yang dibutuhkan untuk MXGP ini, akan disiapkan. Untuk menyukseskan event balap motor kelas dunia ini.

Infront Moto Racing, sebagai promotor MXGP telah mengeluarkan jadwal resmi. Ditetapkan bahwa salah satu jadwal MXGP Indonesia adalah di Samota Sumbawa. Kegiatannya akan dilaksanakan pada 26 Juni 2022 mendatang. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.