Gunakan Bom untuk Melaut, Nelayan Ini Tewas Meledak

oleh -24 Dilihat
Kapolsek Utan, Iptu. Muhammad Yusuf, saat mengecek kondisi korban Bn di rumah duka

Beritasumbawa.com (28/3/2022)

SUMBAWA- Nahas menimpa Bn (38), warga Desa Labuhan Bajo, Kecamatan Utan. Sebab, dia ditemukan tewas dengan sebagian besar tubuhnya hancur. Diduga kuat, nelayan ini tewas saat menggunakan bom untuk mencari ikan di laut.

Kapolsek Utan, Iptu. Muhammad Yusuf yang dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa itu. Diungkapkan, jenazah Bn ditemukan di dalam air, dekat perahu miliknya di kawasan perairan Labu Bua, Kecamatan Utan, Senin (28/3) pagi. “Jenazah korban ditemukan oleh warga di dalam air,” ujar Yusuf, akrab perwira ini disapa.

Yusuf mengatakan, sebelumnya Bn berangkat melaut seusai shalat subuh. Seperti biasa, Bn berangkat untuk mencari ikan sendiri, menggunakan perahunya. Bn terlihat berlayar ke kawasan perairan Labu Bua.

Sekitar pukul 08.30 Wita, warga yang berada di sekitar pantai, mendengar seperti suara ledakan. Selain itu, warga juga melihat ledakan dari perahu yang digunakan oleh Bn. Warga kemudian meminta bantuan kepada dua orang warga lainnya, untuk mengecek kondisi Bn.

Saat perahu Bn dicek, yang bersangkutan tidak ada di atas perahu. Kemudian, kedua saksi itu diminta untuk mengecek keberadaan Bn di dalam air. Setelah sekitar 20 menit menyelam, saksi kemudian menemukan Bn yang kondisi sebagian besar jenazahnya hancur. Langsung saja, jenazah Bn dievakuasi oleh warga ke rumah duka menggunakan perahu.

Mendapat informasi ini, lanjut Yusuf, dia beserta personelnya langsung mendatangi rumah duka. Dia menyarankan kepada pihak keluarga untuk dilakukan pemeriksaan luar di Puskesmas Utan. Pihak puskesmas juga menyarankan kepada keluarga agar dilakukan otopsi terhadap jenazah Bn. Namun, pihak keluarga menolak dan menganggap kejadian ini adalah musibah. Kemudian, jenazah korban dimakamkan oleh pihak keluarga.

kehilangan

Lebih lanjut Yusuf mengatakan, menurut informasi dari warga, Bn sering menggunakan bom untuk mencari ikan. Karena itu, dia mengimbau kepada nelayan lainnya, untuk tidak menggunakan bom atau alat lainnya yang dilarang untuk mencari ikan. Sebab, selain membahayakan lingkungan, juga membahayakan jiwa nelayan itu sendiri. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.