Yamin Alihkan Nelayan Pengebom Jadi Nelayan Bagang

oleh -94 Dilihat
Reses yang dilakukan oleh salah seorang anggota DPRD Sumbawa, Muhammad Yamin, SE., M.Si, di Resto Jaring Apung, Dusun Prajak, Kecamatan Moyo Hilir

Beritasumbawa.com (12/3/2022)

SUMBAWA- Ada cara tersendiri yang dilakukan salah seorang anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Muhammad Yamin SE, M.Si, untuk mengalihkan para nelayan pengebom ikan menjadi nelayan bagang, atau nelayan jaring apung. Inilah yang dilakukannya kepada para nelayan di Dusun Prajak, Kecamatan Moyo Hilir selama beberapa tahun.

Guna membantu masyarakat di Prajak, banyak bantuan yang diberikan. Baik jaring, waring dan lainnya. Sehingga lambat laun, para nelayan tradisional dan beberapa di antaranya yang sebelumnya mencari ikan dengan cara melanggar aturan, kini telah memiliki bagang.

Berkat bantuan Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Sumbawa ini, usaha nelayan tersebut berkembang. Kini para nelayan Prajak telah membentuk kelompok yang diberi nama “Bunga Karang”. Kelompok yang diketuai Faturrahman ini telah membangun Resto Jaring Apung yang menyediakan menu ikan segar, khas Sumbawa dan nasional. Resto Jaring Apung milik Kelompok Nelayan Bunga Karang inilah tempat reses ketiga politisi yang akrab disapa Yamin Abe ini digelar Sabtu (12/3) siang.

Reses tersebut diikuti sangat antusias oleh anggota kelompok, para pemuda dan ibu-ibu nelayan. Selama menjadi anggota DPRD Sumbawa, Yamin Abe paling sering melaksanakan kegiatan resesnya di Dusun Prajak.

Ditemui di lokasi, Ketua Kelompok Nelayan Bunga Karang, Faturrahman mengatakan, Yamin Abe sangat konsisten membantu kelompoknya. Jadi tidak heran jika hubungan emosional Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumbawa itu dengan masyarakat Prajak, terpaut sangat kuat. Melihat kiprah Yamin Abe membantu nelayan, membuat beberapa kelompok lainnya ikut bergabung. “Tanpa kita minta, Pak Yamin sudah tau apa yang kami mau. Beliau sangat peka terhadap kebutuhan nelayan terutama kelompok kami,” ujar Fatur.

Ketua Pokdarwis Prajak, Aswardani menambahkan, bahwa desanya kini telah mulai berkembang menjadi daerah pariwisata. Tentu hal ini berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi baru yang dapat mengangkat perekonomian masyarakat setempat. Namun ada sedikit kesulitan yang dirasakan pihaknya selaku Kelompok Sadar Wisata. Terutama dalam melayani tamu yang ingin ke Resto Apung, serta melihat dari dekat Pulau Dangar yang dikenal sangat eksotik. Kesulitan ini dapat teratasi dengan adanya sarana trasportasi berupa perahu atau kapal untuk antar jemput tamu atau wisatawan. “Kami mohon dapat dibantu pengadaan perahu atau kapal,” pintanya.

kehilangan

Permintaan juga disampaikan nelayan lainnya. Mereka meminta bantuan mesin perahu untuk memobolisasi aktivitas mereka di laut. Kemudian coolbox, sebagai wadah untuk menyimpan hasil tangkapan.

Terhadap permintaan itu, Yamin Abe siap memberikan bantuan kapal dan mesin perahu. Demikian dengan coolbox, sebagaimana yang kerap dibantu setiap tahunnya. “Inilah manfaat dair silaturahim. Untuk mengatasi setiap permasalahan syarat hanya satu, bangun hubungan secara ikhlas. Dengan keikhlasan akan mendapat berkah dari Allah. Jadi, bantuan yang kami berikan untuk nelayan ini semata-mata karena silaturrahim,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.