AMLT Minta Smelter Dibangun di Dodo

oleh -37 Dilihat

Ketua AMLT, Halim Perdana Kusuma alias Rindu (kanan) dan Sekretaris AMLS, Akhyar Muslimin (kiri)

Beritasumbawa.com (14/2/2022)
SUMBAWA- Proses pembangunan Smelter di KSB, mulai dilaksanakan. Namun, masyarakat di sekitar wilayah Elang Dodo dan Rinti, merasa tidak mendapatkan manfaat atas fasilitas tersebut. Karena itu, Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang (AMLT), meminta agar Smelter dibangun di kawasan Dodo.

Ketua AMLT, Halim Perdana Kusuma mengatakan, pihaknya meminta PT. AMMAN melibatkan masyarakat dalam proyek pembangunan Smelter. Karena sumber daya yang dikelola berasal dari kawasan Elang Dodo dan Rinti. “Karena sumber dayanya dikeruk dari wilayah kami, sudah sewajarnya kami dilibatkan,” ujar Rindu, akrabnya disapa.

Karena, jangan sampai sumber daya daerah setempat dikeruk dan dibawa ke daerah lain. Sementara masyarakat setempat gigit jari. Seharusnya, sumber daya yang ada di daerah setempat bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lingkar tambang. Agar masyarakat bisa disejahterakan. Karena itu, pihaknya meminta agar Smelter bisa dibangun di wilayah Elang Dodo dan Rinti.

“Apabila tidak diindahkan, maka kami akan memblokir akses ke kawasan Elang Dodo dan Rinti,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Aliansi Masyarakat Lingkar Selatan (AMLS), Akhyar Muslimin menambahkan, PT. AMMAN harus mengakomodir keinginan masyarakat setempat. Jika tidak, pihaknya menolak dengan keras pembangunan Smelter di KSB.

Selain itu, dia juga mempertanyakan kejelasan mengenai proyek di Elang Dodo dan Rinti. Apakah proyek tersebut bagian dari proyek Batu Hijau di KSB atau proyek baru. Apabila itu merupakan proyek baru, pihaknya menuntut perlakuan yang sama. Yakni pembangunan Smelter di kawasan Elang Dodo dan Rinti. Mengingat, kandungan emas di kawasan tersebut lebih besar dari kawasan Batu Hijau.

kehilangan

“Apabila tuntutan kami tidak diindahkan, maka kami akan mengambil sikap tegas. Yakni, melumpuhkan akses ke blok Elang Dodo dan Rinti,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.