Dibiarkan Keliaran, Sapi Warga Jadi Begini… 

oleh -21 Dilihat

Sapi yang sebelumnya terjebak dalam gorong-gorong saat berhasil dievakuasi ke pinggir jalan

 

SUMBAWA- Warga Kelurahan Uma Sima, dihebohkan dengan adanya sapi yang terjebak di gorong-gorong gang, Jumat (11/2) pagi. Hal ini terjadi, karena ternak milik warga yang belum diketahui identitasnya itu dibiarkan berkeliaran di dalam kota.

Sapi itu terjebak di gorong-gorong gang Manggis 4, Jalan Manggis, Kelurahan Uma Sima. Menurut warga setempat, sapi itu terjebak di dalam gorong-gorong selama dua malam. Akhirnya, lurah setempat menghubungi Satpol PP Sumbawa. Guna mengeluarkan ternak tersebut dari dalam gorong-gorong.

Tidak lama, Kasat Pol PP, H. Sahabuddin beserta sejumlah personelnya turun ke lokasi. Evakuasi dilakukan dengan dibantu warga setempat. Setelah beberapa lama, sapi yang berukuran cukup besar itu berhasil dikeluarkan dari dalam gorong-gorong. Evaluasi dilakukan, agar tidak menyumbat aliran air dalam gorong-gorong, sehingga tidak menyebabkan lingkungan dan jalan sekitar menjadi tergenang.

Kasat Pol PP Sumbawa, H. Sahabuddin yang ditemui di lokasi mengatakan, menurut informasi warga, sapi ini sudah dua malam terjebak. Setelah melakukan evakuasi, pihaknya akan menunggu pemilik sapi. Mengingat, sapi tersebut sudah tidak bisa berjalan, karena sudah cukup lama terjebak.

“Kami sudah menghubungi KUPT Peternakan Sumbawa. Untuk mengetahui pemilik ternak,” ujar Sahabuddin.

kehilangan

Menurutnya, Pemda Sumbawa telah mengeluarkan aturan terkait ternak. Yakni Perda nomor 15 tahun 2018. Dimana ternak sapi tidak boleh berkeliaran di kawasan perkotaan dan pemukiman. Bupati Sumbawa juga sudah mengeluarkan surat edaran bupati nomor 188.36/065/SATPOL PP/2022 tanggal 9 Februari 2022, terkait penertiban ternak ini. Saat ini, surat edarannya sedang dalam proses sosialisasi selama seminggu.

Dalam SE bupati itu, bagi pemilik ternak akan dikenakan sanksi maksimal Rp 25 juta, sesuai ketentuan dalam perda. Tapi untuk sementara ini, masih diberikan kelonggaran. Namun, setelah lebih dari seminggu, maka pelanggarnya akan ditindak sesuai dengan perda. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.