Pengawas Eksternal BUMDes Dituntut 8,6 Tahun

oleh -21 Dilihat

Sidang kasus dugaan pemerasan sejumlah BUMDes di Kabupaten Sumbawa yang beragendakan pembacaan tuntutan JPU

 

Beritasumbawa.com (10/2/2022)

SUMBAWA- Sidang Kasus dugaan pemerasan puluhan BUMDes di Kabupaten Sumbawa, masuk ke tahap penuntutan. Dalam hal ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Syuhriatul Walidiani, dengan pidana penjara selama delapan tahun enam bulan penjara.

Sidang tersebut dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Mataram, Selasa (8/2) lalu. Dalam persidangan, JPU kasus tersebut, Fajrin Nurmansyah, SH., M.Hum mengatakan, selain dituntut pidana, terdakwa juga dikenakan denda sebesar Rp 500 Juta. Subsider enam bulan kurungan.

Terdakwa juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 1,3 miliar lebih. Dengan ketentuan apabila terdakwa tidak membayar uang pengganti dalam waktu satu bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya akan disita oleh JPU. Untuk kemudian digunakan untuk mengganti kerugian negara. Apa bila hartanya tidak mencukupi, makan akan diganti dengan pidana penjara selama

Sidang akan kembali dilanjutkan pada 15 Februari mendatang. Dengan agenda pembelaan terdakwa. Dimana terdakwa menyatakan akan mengajukan pembelaan secara tertulis.

kehilangan

Seperti diberitakan, sejumlah BUMDes di Kabupaten Sumbawa diduga diperas. Akibatnya, total kerugian yang dialami oleh BUMDes mencapai Rp 1,4 miliar. Kasus ini merupakan pelimpahan dari Inspektorat Daerah Kabupaten Sumbawa.

Kasus ini berawal dari kegiatan yang dilakukan oleh salah satu pengawas eksternal. Seharusnya oknum pengawas ini memberikan bimbingan dan arahan sebagai bagian dari pembinaan terhadap sejumlah BUMDes. Namun oknum ini diduga menakut-nakuti pengurus BUMDes.

Oknum ini kemudian diduga meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan. Besarnya bervariasi. Jika ditotal jumlahnya mencapai Rp 1,4 miliar. Dalam kasus ini, penyidik Polres Sumbawa telah menetapkan satu tersangka, yakni Syuhriatul Walidiani. Yang bersangkutan merupakan salah satu tim pengawas eksternal BUMDes. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.