Patung Barapan Kebo Akhirnya Dibongkar

oleh -33 Dilihat

Pembongkaran patung Barapan Kebo yang ada di depan Bandara Sumbawa

 

Beritasumbawa.com (5/2/2022)

SUMBAWA- Setelah keberadaannya dianggap meresahkan pengguna jalan, patung Barapan Kebo di depan Bandara Sumbawa dibongkar. Pembongkaran ini dilakukan, Sabtu (5/2) pagi.

Pembongkaran patung yang sudah puluhan tahun berdiri itu dilakukan menggunakan alat berat. Pembongkaran dilakukan dengan pengamanan dari personel Polres Sumbawa, Dishub Sumbawa dan Satpol PP Sumbawa. Hal ini dilakukan, agar proses pembongkaran tidak mengganggu arus lalu-lintas di sekitar lokasi.

Sebelumnya, patung ini menjadi perhatian kalangan masyarakat dan pejabat. Sebab, keberadaannya dianggap meresahkan. Karena patung itu juga membuat jalur jalan raya menjadi sempit. Sehingga, dianggap menjadi penyebab kecelakaan yang terjadi belakangan ini.

Terkait hal itu, Kadis PUPR Kabupaten Sumbawa, Dian Sidartha, ST., MM, mengatakan, pembongkaran ini sebenarnya sudah lama direncanakan. Patung ini juga sudah dihapus dalam daftar aset daerah, namun belum dieksekusi.

kehilangan

“Hikmah dari peristiwa kecelakaan lalu-lintas beberapa hari lalu mengingatkan kita semua. Sehingga pagi ini kita melakukan pembongkaran,” ujar Dian.

Sementara itu, Asisten II Sekda Sumbawa, Lalu Suharmaji Kertawijaya mengatakan, pembongkaran ini dilakukan, karena patung itu masuk dalam desain pembangunan Jalan Garuda. Dimana patung itu sebagai salah satu obyek terdampak, sejak desain dua lajur Jalan Garuda disusun. “Tapi baru bisa dibongkar sekarang karena alokasi anggaran untuk pembongkaran baru ada sekarang,” terangnya.

Suharmaji memaparkan, bahwa Jembatan Pelempit ini akan dibuat menjadi dua lajur. Sehingga nantinya bentuk kedua jembatan ini akan sama. Sehingga mengharuskan ada pelebaran lajur hingga depan bandara. Jadi, patung Barapan Kebo ini harus dibongkar. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.