Tebing Longsor, Seorang Pemuda Jadi Korban

oleh -25 Dilihat

Rumah warga yang jebol akibat tertimpa longsor

 

Beritasumbawa.com (26/1/2022)

SUMBAWA- Hujan deras yang terjadi di Kota Sumbawa pada Selasa (25/1) malam, mengakibatkan terjadi bencana longsor. Peristiwa ini terjadi di RT 02, RW 09, Jalan Osap Sio, Kelurahan Uma Sima. Akibatnya, seorang siswa SMA tertimpa longsor.

Camat Sumbawa, Iwan Sofian mengatakan, longsor ini terjadi Rabu (26/1) pagi, sekitar pukul 6.15 Wita. Longsor ini terjadi akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Kota Sumbawa, semalam sebelumnya. “Setelah mendapat informasi, kami langsung turun ke lokasi bersama unsur Muspika. Saat kami di lokasi, warga sedang gotong royong narik timbunan tanah,” ujar Iwan.

Di lokasi, warga bergotong royong untuk mengevakuasi korban longsor. Yakni Fajriansyah, salah seorang siswa SMA di Kota Sumbawa. Saat longsor terjadi, Fajriansyah tengah tidur di dalam kamarnya di rumah tersebut. Karena longsoran itu, talud penahan tebing ambruk. Dinding kamarnya kemudian jebol dan menimpa Fajriansyah.

Fajriansyah saat dievakuasi dari lokasi longsor

Setelah itu, Fajriansyah dievakuasi oleh tim dari Puskesmas Unit II Sumbawa. Saat dicek, Fajriansyah harus dirujuk ke RSUD Sumbawa untuk pemeriksaan lebih lengkap.

kehilangan

Iwan mengungkapkan, kejadian ini langsung dilaporkan ke Bupati Sumbawa. Kemudian Bupati meminta Kepala BPBD Sumbawa untuk turun ke lokasi. Tim BPBD kemudian melakukan pengukuran dan desain penanggulangan darurat. Rencananya, untuk sementara akan dibuatkan teras dengan beronjong di lokasi longsor tersebut. Karena untuk sementara belum bisa dibuatkan talud di lokasi itu, karena masih musim penghujan.

Menurut Iwan, jika dilihat lokasi pemukiman di dekat longsoran tersebut sedikit miris. Karena itu, pihaknya akan kembali lagu guna memberikan edukasi terhadap masyarakat. Di lokasi, tim dari BPBD juga sudah memasang terpal di lokasi tebing. Guna antisipasi darurat, untuk mengurangi pergeseran tanah jika terjadi hujan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Mengingat, akhir-akhir ini BMKG meramalkan terjadi angin dan hujan deras. Inilah yang harus diantisipasi. Kami melalui media sosial juga tetap mengimbau agar masyarakat waspada,” pungkas mantan Camat Lunyuk ini. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.