Pedagang Pasar Utan Mulai Direlokasi

oleh -36 Dilihat

Kepala Dinas Koperasi UKM Indag Kabupaten Sumbawa, Riki Trisnadi, SE., M.Si.

Beritasumbawa.com (23/1/2022)
SUMBAWA- Relokasi pedagang dari pasar lama ke Pasar Utan yang baru, mulai dilakukan. Ditargetkan, relokasi pedagang ini akan diselesaikan dalam waktu seminggu.

Kepala Dinas Koperasi UKM Indag Kabupaten Sumbawa, Riki Trisnadi, SE., M.Si mengatakan, relokasi ini dilakukan bertepatan dengan HUT Sumbawa ke-63 pada 22 Januari. Relokasinya akan dilakukan secara bertahap. Rencananya, relokasi pedagang ini akan diselesaikan dalam waktu seminggu. “Sebenarnya kemarin dilakukan, tapi resminya sekarang dilakukan oleh pak bupati. Ditandai juga dengan penandatanganan prasasti oleh pak bupati,” ujar Riki, saat ditemui seusai perayaan HUT Kabupaten Sumbawa ke-63, di Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (22/1) pagi.

Riki mengungkapkan, adapun jumlah total pedagang di Pasar Utan sebanyak 219 orang. Terdiri dari pedagang pelataran, pedagang di petak/los dan pedagang di kios permanen. Terkait lokasi pasar lama, akan dibicarakan terkait peruntukkannya. Apakah akan dibuat menjadi ruang terbuka hijau, atau akan digunakan oleh pihak desa.

Dia tidak bisa memungkiri bahwa akan ada pedagang yang kembali berjualan di lokasi yang lama. Namun, aktivitas pasar seperti semula tidak akan terjadi. Karena kemungkinan pedagang yang kembali berjualan adalah pedagang bakulan, yang menjual jajanan tradisional. “Kemungkinan yang kembali adalah pedagang yang sudah berumur. Tapi aktivitas seperti pasar rakyat sudah tidak ada,” imbuhnya.

Mengenai persoalan jarak pasar yang baru, menurut Riki, hal itu tidak jadi masalah. Karena, masyarakat tetap alam mencari para pedagang yang menjual kebutuhan pokok mereka. Mengingat, lokasi pasar yang baru bukan hanya sebagai tempat transaksi saja. Namun, ada ruang kreatif yang disediakan di lokasi tersebut. “Saya kira persoalan jarak bukan masalah. Pembeli ketika butuh, akan mencari kemanapun berada. Yakinlah,” pungkasnya. (bs/mei)

kehilangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.