Vaksinasi Anak, Tidak Perlu Persetujuan Orang Tua

oleh -26 Dilihat

Vaksinasi anak di Kabupaten Sumbawa

 

Beritasumbawa.com (19/1/2022)

SUMBAWA- Vaksinasi terhadap anak usia enam hingga 11 tahun, kini tidak perlu persetujuan orang tua. Hal ini sesuai dengan edaran dari Dinas Kesehatan Nasional NTB.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, Junaedi, Apt., M.Si, mengatakan, vaksinasi anak usia enam sampai 11 tahun telah dilaunching 14 Januari lalu. Dengan demikian, pelayanan vaksin bagi anak langsung dilaksanakan. Pelaksanaannya dilakukan langsung di masing-masing kecamatan, sesuai jadwal. “Vaksin yang digunakan adalah sinovac,” ujar Junaedi.

Dijelaskan, untuk vaksinasi anak ini, tidak dibutuhkan persetujuan orang tua. Karena ini merupakan komitmen nasional. Hal ini juga sesuai dengan surat edaran dari Dinas Kesehatan NTB. Jadi, hanya diperlukan screening terhadap anak. Jika memenuhi kriteria secara medis, maka sang anak langsung divaksin.

Menurutnya, screening yang dilakukan untuk vaksinasi anak ini berbeda dari vaksin orang dewasa. Hal ini dilakukan, untuk mengetahui dengan pasti apakah anak yang akan divaksin memiliki penyakit bawaan atau tidak. Juga meminta keterangan dari orang tua atau wali dari si anak. Sebab, orang tua atau wali lah yang mengetahui secara pasti kondisi dari anak tersebut.

kehilangan

Karena itulah, pendampingan oleh orang tuan atau wali sangat penting. Jika dari hasil screening tidak memungkinkan untuk divaksin, maka anak tersebut tidak akan divaksin.

Lebih lanjut Junaedi mengatakan, vaksinasi anak ini sudah bisa dilaksanakan secara massif. Adapun targetnya adalah 53 ribu orang. Untuk mendukung hal ini, pemerintah pusat melalui Dinas Kesehatan NTB sudah mengirim 37.520 dosis vaksin. “Karena ini sudah menjadi komitmen nasional, pemerintah pusat akan mensupport kebutuhan di daerah,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.