Pemerintah Diharapkan Lebih Memperhatikan Pelaku UMKM 

oleh -78 Dilihat

Pengusaha muda asal Sumbawa, Kesy Agustina

 

Beritasumbawa.com (20/1/2022)

SUMBAWA- Momentum HUT Kabupaten Sumbawa ke-63, merupakan momentum perubahan semakin maju. Salah satunya pada sektor perekonomian. Karena itu, diharapkan Pemda Sumbawa bisa memberi perhatian lebih kepada pelaku UMKM.

Harapan ini disampaikan oleh salah seorang pengusaha muda asal Kabupaten Sumbawa, Kesy Agustina. Dikatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi membuat perekonomian di Indonesia menjadi terpuruk. Tidak terkecuali di Kabupaten Sumbawa. “Banyak usaha dari masyarakat di Sumbawa yang terpuruk karena pandemi ini. Tidak jarang juga ada pelaku UMKM yang terpaksa banting setir karena pandemi ini,” ujar pengusaha berlian ini.

Menurutnya, belakangan ini perekonomian di Kabupaten Sumbawa sudah mulai bergeliat. Para pelaku UMKM juga sudah mulai bangkit. Berdasarkan data dari Disnakertrans Kabupaten Sumbawa, laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumbawa mengalami penurunan menjadi minus 4,13 persen pada 2020 karena pandemi.

Namun, pada 2021, laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumbawa kembali meningkat menjadi 0,72 persen. Hal ini diakibatkan berbagai program pengembangan ekonomi dari pusat dan pemulihan ekonomi serentak di seluruh Indonesia.

kehilangan

Di Kabupaten Sumbawa, UMKM menjadi salah satu penopang perekonomian. Karena itu, Pemda Sumbawa diharapkan bisa menyusun program pengembangan UMKM. Seperti pembinaan guna penguatan kapasitas UMKM. Juga memberikan bantuan stimulan bagi pelaku UMKM. Contohnya, seperti memberi pinjaman dengan bunga rendah.

Dengan demikian, lanjut Kesy, produk UMKM di Kabupaten Sumbawa bisa lebih dikenal oleh daerah lain. Sehingga bisa memberikan multiplier effect yang berdampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Sumbawa. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.