Sarana dan Prasarana Pendukung MXGP Disiapkan

oleh -31 Dilihat

Asisten II Setda Sumbawa, H. Lalu Suharmaji memperlihatkan data yang sudah disusun untuk disampaikan kepada tim survey MXGP

 

Beritasumbawa.com (13/1/2022)

SUMBAWA- Jelang pergelaran MXGP, sejumlah hal dilakukan oleh Pemda Sumbawa. Salah satunya adalah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung kegiatan tersebut.

Asisten II Setda Sumbawa, H. Lalu Suharmaji mengatakan, Gubernur NTB sudah meminta Pemda Sumbawa untuk melakukan persiapan. Mengingat, salah satu lokasi pelaksanaannya adalah di Kabupaten Sumbawa. “Untuk Sumbawa, sudah dikunjungi oleh tim survey sebanyak dua kali,” ujar Suharmaji, saran ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/1) pagi.

Suharmaji mengungkapkan, kunjungan pertama dilakukan pada akhir Desember lalu. Untuk melihat potensi ketersediaan infrastruktur, SDM dan banyak hal lainnya. Sejak saat itu, Pemda Sumbawa sudah menyiapkan bahan yang diminta oleh tim. Termasuk adalah modal transportasi, baik darat laut dan udara. Karena menurut informasi dari tim survey, logistik untuk MXGP lebih banyak dari logistik kegiatan WSBK.

Karena itu, pemda memberikan data terkait bandara, akses jalan nasional, sarana angkutan, termasuk sarana angkutan laut. Sampai dengan kepada posisi akses yang dibutuhkan. Contoh, pemda sudah berupaya mengoperasikan kapal cepat. Yang pada 7 Januari lalu dilakukan pelayaran perdana dari Labuhan Badas ke Pelabuhan Kayangan. Ini adalah salah satu upaya untuk meyakinkan tim survey.

kehilangan

Disamping itu juga, sarana penginapan sudah disampaikan kepada tim survey. Terkait standar penginapan dan jumlah kamar yang tersedia. Kemudian adalah koordinasi dengan pihak Imigrasi. Juga terkait kesiapan dari Basarnas, BPBD, TNI dan Polri.

Dia mengungkapkan, tim survey kedua juga sudah datang pada 12 Januari lalu. Untuk mengecek lokasi yang sekiranya memenuhi persyaratan lokasi pelaksanaan MX GP.

Menurutnya, Pemda Sumbawa sangat merespon kegiatan ini, karena dampak ekonomi event ini sangat luar biasa. Seperti yang terjadi pada WSBK di Mandalika. Mengingat, tiga tahun belakangan ini kondisi perekonomian masyarakat cukup terdampam karena pandemi. Melalui kesempatan ini, maka UMKM, BUMDes dan pengusaha harus terlibat, sesuai dengan potensi masing-masing. Tidak menutup kemungkinan adanya potensi dari Kabupaten/kota lain di NTB.

Pihaknya juga sedang menyiapkan kesiapan kedatangan Menteri Perhubungan yang akan meninjau kondisi Bandara Sumbawa. Dalam hal ini, pemerintah pusat sudah merespon kondisi bandara saat ini. Karena salah satu hal penting yang disiapkan adalah transportasi. “In sya Allah Menteri Perhubungan akan berkunjung setelah kunjungan presiden di BIL dan Bendungan Bintang Bano,” imbuhnya

Diharapkan, melalui event ini akan membuat perekonomian Sumbawa bisa kembali bangkit. “Diharapkan dukungan semua pihak. Karena dampak positif event ini sudah kita lihat secara nyata di Mandalika,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.