14 Januari Vaksinasi Siswa SD Dimulai

oleh -25 Dilihat

Vaksinasi siswa SD

Beritasumbawa.com (13/1/2022)
SUMBAWA- Pemda Sumbawa, siap melaksanakan vaksinasi bagi siswa SD usia enam hingga 11 tahun. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada 14 Januari mendatang.
Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan Sumbawa, H. Syarif Hidayat, SKM., MPH, mengatakan, pemda melalui pihaknya telah mengusulkan sebanyak 107.210 dosis vaksin. Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap siswa SD untuk dosis pertama dan kedua. “Kemarin tanggal 6 Januari 2022 kita usulkan ke Dikes NTB. Untuk Sumbawa, vaksinasi usia enam hingga 11 tahun ini menyasar 53.605 anak,” ungkap H. Syarif.
Vaksinasi terhadap siswa SD di Kabupaten Sumbawa, rencananya akan dilaunching pada tanggal 14 Januari mendatang. SD Negeri 6 Sumbawa, ditunjuk sebagai pusat pelaksanaan. Sekaligus menandai dimulainya vaksinasi terhadap siswa SD. “Nanti ada 10 anak yang divaksin sebagai tanda dimulainya vaksinasi. Saat divaksin anak-anak harus didampingi wali murid, karena harus discreening dulu,” terangnya.
Untuk pelaksanaan vaksinasi dimasing-masing sekolah kata H. Syarif, nantinya akan dilakukan oleh fasilitator kesehatan (faskes). Dalam hal ini, sebanyak 31 tenaga faskes telah disiapkan. Mengenai tekhnis kegiatannya, telah dikoordinasikan dengan kepala puskesmas, dokter dan faskes.
“Khusus dimasing-masing sekolah, vaksinasinya menunggu droping vaksin dari Dikes NTB. Launching yang di SDN 6 Sumbawa itu, hanya sebagai simbol dimulainya vaksinasi siswa SD di Kabupaten Sumbawa,” terangnya.
Sambil menunggu launching dan pelaksanaan vaksin di sekolah-sekolah, pihaknya bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Kementerian Agama (Kemanag), TNI dan Polri, terus melakukan sosialisiasi tentang vaksinasi anak ini kepada masyarakat.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, Budi Sastrawan, S.I.P, M.Si, menegaskan, terkait pelaksanaan vaksinasi untuk siswa SD ini, pihaknya telah bersurat kepada seluruh kepala sekolah. Untuk melakukan sosialisasi program vaksinasi tersebut kepada orang tua dan wali murid.
Budi berharap orang tua dan wali murid memberikan dukungan dengan cara memberikan izin kepada anaknya untuk divaksin. Sekolah juga diminta untuk dapat menyakinkan mereka bahwa vaksinasi ini aman untuk kesehatan anak-anaknya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.