Jalan Lintas Sumbawa-Lunyuk Longsor dan Tergerus

oleh -97 Dilihat

Inilah kondisi jalan lintas Sumbawa-Lunyuk yang rusak

 

Beritasumbawa.com (10/01/2021)

LUNYUK- Ruas jalan lintas Sumbawa-Lunyuk, rusak parah. Hal ini diakibatkan terjadinya longsor karena derasnya hujan. Selain itu, bahu jalan juga mengalami penurunan sekitar 50 centimeter. Akibatnya, Kecamatan Lunyuk menjadi sulit diakses.

Dari pantauan di lapangan, bahu jalan itu mengalami likuifaksi. Hal ini diduga akibat bergesernya timbunan bagian bawah jalan. Serta timbunan longsor dari tebing di jalan yang panjangnya sekitar 70 meter.

Camat Lunyuk, Iwan Sofyan yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (10/1) membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, jalan itu sudah mulai rusak sejak sebulan lalu. Namun hari ini adalah termasuk yang terparah.

Dia juga mengatakan dulunya jalan itu hanya bergelombang biasa saja. Namun tak disangka seiring berjalan waktu, kondisi gelombang jalannya semakin parah.

kehilangan

Informasi ini diterima dari warga yang melintas. Atas informasi itu, dia langsung meninjau ke lokasi untuk melihat kondisi sebenarnya. Ternyata apa yang dia lihat sesuai dengan laporan yang diterima.

Iwan kemudian langsung melakukan koordinasi dengan pihak Pemprov NTB. Guna menindaklanjuti longsor maupun kerusakan tersebut. Berselang satu hari, tim beserta rekanan datang untuk meninjau lokasi tersebut.

Iwan juga memastikan sudah ada kiriman alat berat dari pemerintah pusat. Alat berat itu akan standby di lokasi tersebut. Guna mengantisipasi hal-hal yang lebih buruk lagi. Dia berharap semoga kerusakan tersebut bisa cepat diperbaiki.

Dia juga mengimbau kepada seluruh warga yang melintasi jalur tersebut untuk berhati-hati. Khususnya, kendaraan yang mengangkut hasil pertanian atau bermuatan berat. Agar jumlah muatannya bisa dikurangi, untuk keselamatan bersama. (bs/aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.