Vaksinasi Anak Sudah Bisa Dilaksanakan

oleh -32 Dilihat

Kapolres Sumbawa, AKBP. Esty Setyo Nugroho, S.I.K

 

Beritasumbawa.com (6/1/2022)

SUMBAWA- Vaksinasi bagi anak-anak usia enam sampai 11 tahun di Kabupaten Sumbawa, sudah bisa dilaksanakan. Mengingat, persyaratan guna pelaksanaannya telah terpenuhi.

Kapolres Sumbawa, AKBP. Esty Setyo Nugroho, S.I.K mengatakan, berdasarkan data PIK-R, untuk capaian data sesuai KPCPEN, vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sumbawa sebanyak 75,18 persen. Untuk masyarakat yang sudah divaksin tahap dua sebanyak 48,12 persen.

Sementara berdasarkan data manual di lapangan, capaian vaksinasi tahap pertama sebanyak 77,02 persen. Untuk capaian vaksinasi tahap dua sebesar 52,15 persen. “Jadi sudah sesuai dengan target dari pemerintah pusat, yakni 70-50 persen. Memang ada selisih data manual dengan data PIK-R, yang saat ini kamin dorong untuk diinput,” ujar kapolres.

Tidak hanya itu, vaksinasi lansia juga sudah dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa. Hasilnya, capaian vaksinasi lansia saat ini sudah lebih dari 60 persen. Sehingga Kabupaten Sumbawa sudah bisa melaksanakan vaksinasi anak. Kegiatan tersebut juga sudah mulai bisa direncanakan. Dimana Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa sudah menyatakan bahwa Kabupaten Sumbawa sudah layak melaksanakan vaksinasi anak.

kehilangan

Kapolres mengungkapkan, ketersediaan vaksin di Kabupaten Sumbawa sendiri saat ini dirasa cukup. Vaksin tersebut sudah tersebar di tiap-tiap kecamatan. Namun, vaksin yang tersedia saat ini adalah pfizer. Sementara untuk anak, vaksin yang digunakan adalah jenis sinovac.

Untuk vaksinasi anak ini akan dilaksanakan di sekolah-sekolah. Dimana yang menjadi sasaran adalah sekolah dasar, maupun pondok pesantren. Diharapkan para orang tua mendorong anaknya untuk divaksin. Orang tua juga harus menyampaikan kepada vaksinator atau tenaga medis, jika anaknya terkendala medis.

Sebab, kadang-kadang anak tidak bisa menyampaikan kendala medis yang dialami kepada petugas vaksinator. Bisa juga orang tua mendampingi anaknya saat divaksin.

Saat ini, lanjut kapolres, rencana vaksinasi anak sedang digodok untuk dilaksanakan awal tahun ini. Rencananya, pada Februari target 53 ribu anak sudah divaksin. Karena vaksinasi anak dirasa lebih mudah. Sebab, anak-anak terpusat di sekolah.

Kapolres berharap, pelaksanaan vaksinasi anak bisa dilakukan pekan depan. Hanya saja yang menjadi kendala saat ini adalah ketersediaan vaksin. Menurut informasi dari Dinas Kesehatan NTB, vaksin jenis sinovac akan didroping ke Sumbawa pada 12 Januari mendatang. Karena itu, yang perlu disebar saat ini adalah skenario pelaksanaannya. Sehingga, saat vaksin tiba, proses vaksinasi bisa langsung dilaksanakan.

“Sudah dilaksanakan rapat yang dipimpin bupati, bersama Forkopimda dan instansi terkait. Guna mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi anak, usia enam sampai 11 tahun ini. Sehingga diputuskan, akan dibuat gebyar atau launching vaksinasi anak. Bagaimana pelaksanaannya, nanti menunggu keputusan dari Pemda Sumbawa,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.