Segini Peningkatan UMK Sumbawa

oleh -105 Dilihat

Kadisnakertrans Kabupaten Sumbawa, Dr. Budi Prasetyo

 

Beritasumbawa.com (16/12/2021)

SUMBAWA- Jumlah Upah Minimum Kabupaten (UMK) Sumbawa mengalami peningkatan. Hal ini terjadi setelah dilakukan pengkajian oleh Dewan Pengupahan Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa, Dr. Budi Prasetyo mengatakan, Dewan Pengupahan kabupaten sudah melakukan rapat terkait UMK. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 tahun 2021, UMK kabupaten/kota paling lambat harus ditetapkan pada 30 November. Jadi, dewan pengupahan kabupaten yang terdiri dari pemerintah, asosiasi pengusaha dan serikat pekerja, melakukan rapat. “Alhamdulillah, dengan rapat ini sudah mendapatkan hasil final,” ujar Budi.

Namun, karena mekanisme baru, kabupaten tidak bisa menerapkan UMK. Tetapi mengusulkan kepada gubernur untuk bersama kabupaten/kota lain untuk ditetapkan UMK.

Budi mengungkapkan, dalam hal ini, ada peningkatan UMK sebesar 1,16 persen. Yang sebelumnya sebesar Rp 2.221.000, menjadi Rp 2.227.000. Karena mekanisme ini ditetapkan melalui sesuai mekanisme PP 36 tahun 2021. Jadi, kabupaten/kota maupun provinsi harus mematuhi itu.

kehilangan

Dipaparkan, kenaikan ini dipengaruhi beberapa faktor. Yakni lanju pertumbuhan kabupaten/kota. Tahun 2020 hingga 2021, memang terjadi penurunan laju pertumbuhan. Karena terjadi pandemi COVID-19. Namun, pada akhir tahun ini, sesuai data dari BPS yang bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan, laju pertumbuhan dan inflasi di kabupaten Sumbawa mulai bergerak. Yakni bergerak di angka 0,72

“Setelah dimasukkan kedalam rumus yang tertuang dalam PP 36, alhamdulillah ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Walaupun sedikit. Pro-kontra wajar terjadi karena kebutuhan hidup semakin meningkat,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.