Percepatan Vaksinasi Berbasis Desa Cara Tepat Turunkan Level PPKM

oleh -27 Dilihat

Kapolres Sumbawa, AKBP. Esty Setyo Nugroho, S.IK, saat memantau pelaksanaan vaksinasi massal di Kantor Desa Jorok

 

Beritasumbawa.com (4/11/2021)

SUMBAWA- Pemda Sumbawa kini tengah gencar melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Hal ini dilakukan, guna menurunkan level PPKM di Kabupaten Sumbawa, dari level tiga menjadi level dua. Salah satu upayanya adalah percepatan vaksinasi berbasis desa.

Hal ini disampaikan Kapolres Sumbawa, AKBP. Esty Setyo Nugroho, S.IK, dalam kegiatan vaksinasi massal di Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwes, Rabu (3/11) lalu. Kapolres mengatakan, rata-rata persentase masyarakat yang telah divaksin di desa di Kabupaten Sumbawa telah mencapai 38 persen. Bahkan ada beberapa desa yang telah melebihi 40 persen angka vaksinasi. “Karena itu, untuk dapat menurunkan level sebagai syarat sesuai Permendagri dari level tiga ke level dua, maka dilakukan upaya percepatan vaksinasi berbasis desa,” ujar kapolres.

Menurut kapolres, kebetulan Desa jorok ini adalah salah satu desa yang masuk nominasi dalam Lomba Kampung Sehat digelar oleh Polda NTB Tingkat provinsi. Salah satu indikatornya adalah herd immunity 70 persen dari jumlah penduduk. Dimana di Desa Jorok, lebih dari 70 persen warganya sudah tervaksin. “Vaksinasi hari ini menjadi upaya pencapaian 70 persen herd immunity,” tegas kapolres.

Meski demikian, bukan berarti desa lain tidak melaksanakan vaksinasi. Karena kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap, lantaran keterbatasan droping vaksin di kabupaten sumbawa.

kehilangan

Sementara itu, Kepala Desa Jorok, Rusman Akang yang dikonfirmasi mengaku, bahwa kegatan itu merupakan upaya pemerintah Desa Jorok bersama tiga pilar. Yakni kepala desa, babinsa, dan bhabinkamtibmas. Untuk mempercepat laju vaksinasi bagi warganya.

Roman, akrabnya disapa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yeng telah membantu terlaksananya vaksinasi ini. “Ini adalah kerja keras semua pihak, sehingga warga Desa Jorok sampai saat ini yang sudah tervaksin mencapai 77,8 persen,” terangnya.

Vaksinasi massal itu dilaksanakan di aula Kantor Desa Jorok. Dalam kegiatan itu, sebanyak 141 warga mendapat vaksin jenis sinovac tahap pertama. Percepatan vaksinasi tersebut melibatkan Tim Vaksinator dari Puskesmas Unter Iwes. Dibantu Tim Vaksinator Polres Sumbawa dan Mahasiswsi Fakuktas Kedokteran UNSA. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.