Kantor Hukum SS dan Partners Menangkan Gugatan Praperadilan

oleh -27 Dilihat

Beritasumbawa.com (4/11/2021)

MATARAM- Kantor Hukum SS dan Partners kembali memenangkan gugatan Praperadilan di Pengadilan Negeri Mataram. Kali ini, melawan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB. Dimana sebelumnya, kliennya diproses hukum oleh penyidik PPNS Kehutanan, karena diduga terlibat ilegal loging.

Ketua Tim Hukum SS dan Partners, Surrahman, MD, SH., MH, dalam Keterangan Persnya mengatakan, terjadinya proses praperadilan ini murni karena ada beberapa kejanggalan dalam proses hukum terhadap kliennya. Bermula saat kliennya, Ahmad Fauzi membeli kayu jenis sonokeling. Pembelian dilakukan di gudang milik salah seorang pengusaha kayu, Hamzah, di Kecamatan Moyo Hulu. Pembelian kayu itu juga dilengkapi dengan beberapa dokumen pendukung.

“Namun truk klien kami yang mengangkut kayu sonokeling ini dicegat di Lombok Timur pada 17 September lalu,” ujar Man, sapaan akrab advokat muda ini.

Dalam hal ini, kliennya diduga melakukan tindak pidana pengerusakan hutan. Sebagaiman disangkakan dalam pasal 87 dan 88 Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan. Adapun ancaman hukumannya yakni lima tahun penjara.

Praperadilan tersebut diajukan, ungkap Man, karena dalam proses penerapan hukum yang telah dilakukan oleh Penyidik PNS pada Dinas LHK NTB penuh kejanggalan dan rekayasa. Dimana penyidik menyatakan bahwa kayu tersebut tidak dilengkapi dokumen. Kemudian kayu itu diduga hasil ilegal logging. Padahal, kayu itu dibeli kliennya dari pengusaha kayu. Pembelian juga dilengkapi dengan dokumen.

“Hal itu bermula pada penangkapan kayu jenis sonokeling berjumlah 18 kubik yang diamankan di Kayangan Lombok Timur. Sehingga Dinas setempat yang dibantu anggota kodim Lotim melakukan penangkapan, penyitaan yang selanjutnya pada penahanan tersangka,” tukasnya.

kehilangan

Sidang yang dipimpin langsung oleh hakim tunggal Pengadilan Negeri Mataram Mahyudin Igo, SH dilakukan secara maraton sejak Senin (25/10) hingga Putusan pada hari ini Rabu ( 3/11). Dengan amar putusan mengabulkan permohonan pemohon. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.