Percepatan Vaksinasi Dilakukan Secara Massif

oleh -24 Dilihat

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat meninjau lokasi vaksinasi di salah satu desa

 

Beritasumbawa.com (30/10/2021)

SUMBAWA- Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa secara konsisten terus mengambil insisiatif dan upaya penanganan pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan. Program vaksinasi menjadi prime mover yang paling penting.

Kepala Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa melalui Plt. Sekretaris Dinas, Jufri, S.Si., MM., mengatakan, fokus pemerintah daerah saat ini adalah peningkatan percepatan cakupan vaksinasi. Disamping upaya pengamanan pasokan vaksin. Percepatan ini merupakan upaya memastikan masyarakat terlindungi dan menjaga akses masyarakat pada kebijakan mandatori vaksin. Bagi masyarakat yang ingin melakukan mobilitas atau kegiatan lainnya dalam menekan penyebaran virus Covid-19.

Diterangkan, vaksinasi terus dipercepat secara optimal sehingga rata-rata vaksinasi harian dapat tercapai sesuai target yang ditetapkan. Kabupaten Sumbawa dalam beberapa hari ke depan, kegiatan vaksinasi harus menuntaskan lebih kurang 30 ribu dosis yang sudah tersuplay saat ini. Percepatan vaksinasi ini terus dibuka seluas-luasnya dengan skema implemetasi berbasis unitas terkecil seperti desa, sekolah, komunitas dan lain-lain.

Disamping dengan berbagai kanal media informasi, dalam berbagai momentum kegiatan sosial kemasyarakatan, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa menyebarkan informasi terkait vaksinasi massal yang sedang dilakukan pemerintah secara masif.

kehilangan

Berkaitan dengan itu, disela-sela kunjungannya di Kecamatan Labangka, Sabtu (30/10), Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah secara khusus mengumpulkan seluruh Kepala Desa serta Kepala Puskesmas Labangka. Guna meminta untuk mengupayakan percepatan vaksinasi di Kecamatan Labangka. Bupati juga menjamin stok vaksin hingga saat ini masih memadai dan dapat terus disalurkan kepada masyarakat.

Karena itu, bupati menginstruksikan agar pelayanan vaksinasi dapat lebih didekatkan kepada masyarakat. Dengan memusatkan pelayanan di masing-masing desa. Dekatkan pelayanan dan datangkan vaksinator kepada masyarakat.

Berbagai rangkaian kegiatan Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, Sabtu (30/10), mulai dari melaunching Program SPENDA Pintar (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) SMPN 2 Sumbawa, Wisuda III STIKES Griya Husada Sumbawa, Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H di Masjid At Taqwa Dusun Bangkong Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas.

Secara gamblang Wakil Bupati Sumbawa dalam kesempatan silaturrahmi dengan masyarakat pada kegiatan social kemasyarakatan tersebut terus mengkampanyekan protokol kesehatan dan gerakan vaksinasi.

Lebih lanjut, wabup mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi. Sehingga program vaksinasi segera memenuhi target minimal 70 persen dan Kabupaten Sumbawa segera terbebas dari Covid-19.

Secara serentak semua pihak terkait meliputi Pemerintah Daerah, TNI, Polri sampai dengan Pemerintah Desa melaksanakan aksi percepatan vaksinasi Covid-19 ini. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pencapaian vaksinasi masyarakat sehingga terwujud tingkat imunitas masyarakat yang ditargetkan.

Berbagai terobosan diupayakan untuk memecahkan kebuntuan jika terdapat perlambatan capaian vaksinasi. Untuk memantau progress vaksinasi, secara harian bahkan secara realtime capaian vaksinasi dapat dipantau. Sehingga capaian masing-masing kecamatan secara dini dapat diketahui dan segera dilakukan evalusi secara cepat.

Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat dan semua pihak untuk saling bergandeng tangan mensukseskan kegiatan vasinasi ini dan bersama-sama mengkampanyekan vaksinasi ini secara luas.

Penetapan level wilayah berdasarkan Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 (satu), dimana level PPKM kabupaten/kota dinaikkan satu level apabila capaian total vaksinasi dosis satu kurang dari 40 persen.

Capaian vaksinasi Kabupaten Sumbawa saat ini masih berada pada kisaran di bawah 40 persen, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya ekstra. Namun lebih dari itu, vaksinasi ini juga diharapkan agar percepatan pencapaian hert imunity masyarakat dapat tercapai. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.