Kasus Dugaan Pungli BUMDes Mulai Disidangkan

oleh -20 Dilihat

Sidang kasus dugaan pungli terhadap sejumlah BUMDes di Kabupaten Sumbawa, yang dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Mataram

 

SUMBAWA- Kasus dugaan pungli terhadap sejumlah BUMDes di Kabupaten Sumbawa, telah dilimpahkan oleh Kejari Sumbawa ke Pengadilan Tipikor Mataram. Saat ini, kasus tersebut juga sudah mulai disidangkan.

Kasi Pidsus Kejari Sumbawa, Reza Safetsila Yusa, SH, membenarkan hal tersebut. Sidang perdana digelar di Pengadilan Tipikor Mataram, pada 21 Oktober lalu. Dimana dalam persidangan, terdakwa Syuhriatul Walidiani dijerat dengan pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 atau pasal 12 e, undang-undang RI Nomor 30 tahun 1999, yang telah diubah dengan undang-undang RI nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor, juncto pasal 64 ayat 1 KUHP.

Sidang akan kembali dilanjutkan pada 28 Oktober mendatang. Dengan agenda pembacaan eksepsi atau pembelaan terdakwa atas dakwaan jaksa. Selama persidangan, terdakwa Syuhriatul juga didampingi kuasa hukum.

Seperti diberitakan, sejumlah BUMDes di Kabupaten Sumbawa diduga diperas. Akibatnya, total kerugian yang dialami oleh BUMDes mencapai Rp 1,4 miliar. Kasus ini merupakan pelimpahan dari Inspektorat Daerah Kabupaten Sumbawa.

Kasus ini berawal dari kegiatan yang dilakukan oleh salah satu pengawas eksternal. Seharusnya oknum pengawas ini memberikan bimbingan dan arahan sebagai bagian dari pembinaan terhadap sejumlah BUMDes. Namun oknum ini diduga menakut-nakuti pengurus BUMDes.

kehilangan

Oknum ini kemudian diduga meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan. Besarnya bervariasi. Jika ditotal jumlahnya mencapai Rp 1,4 miliar. Dalam kasus ini, penyidik Polres Sumbawa telah menetapkan satu tersangka, yakni Syuhriatul Walidiani. Yang bersangkutan merupakan salah satu tim pengawas eksternal BUMDes. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.