Dua Tahun, RKB MAN 1 Mangkrak

oleh -23 Dilihat

Bangunan RKB MAN 1 Sumbawa yang mangkrak

 

Beritasumbawa.com (19/10/2021)

SUMBAWA- Hingga saat ini, empat ruang kelas baru (RKB) di MAN 1 Sumbawa, tidak bisa digunakan. Sebab, sudah hampir dua tahun ini, pembangunannya mangkrak.

Kepala MAN 1 Sumbawa, Zulhidayat,S.Pd yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dimana volume pembangunan RKB itu, belum mencapai 20 persen. Mangkraknya bangunan yang dikerjakan oleh kontraktor asal Dompu ini akibat dilakukan pemutusan kontrak oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Zulhidayat mengungkapkan, RKB itu dikerjakan 2019 lalu. Mangkraknya proyek tersebut karena kontraktor pelaksana dikenakan pinalti sebab progres pengerjaannya belum tuntas, melebihi waktu yang tertuang dalam kontrak. Dengan kondisi bangunan fisik yang tidak mencapai 20 persen ini, dikhawatirkan bangunan lama yang ada di lantai I akan rusak. “Karena bangunan RKB lantai dua yang mangkrak ini akan rusak. Otomatis bangunan di lantai bawahnya juga mengalami kerusakan, jika tidak segera tertangani,” ujar Zulhidayat.

Disinggung terkait penyebab mangkraknya RKB itu, Zulhidayat mengatakan, hal itu dikarenakan keterlambatan pengerjaan dari kontraktor. Karena, bisa jadi saat itu kontraktor proyek itu juga memiliki pekerjaan di lokasi lain. Sehingga menyebabkan keterlambatan pengerjaan.

kehilangan

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya mengusulkan kelanjutan pembangunan RKB itu ke Dinas PUPR Provinsi NTB pada 2020 lalu. Dia berharap usulan tersebut terealisasi 2022 mendatang.

Menurut Zulhidayat, keberadaan ruang kelas baru ini sangat dibutuhkan. Pasalnya, sekolah tersebut kekurangan RKB. Akhirnya, ruang guru digunakan sebagai RKB. Sementara para guru memanfaatkan sebagian mushalla sebagai ruang guru. Dia berharap agar pembangunan RKB yang mangkrak ini bisa dilanjutkan. Sehingga bisa memenuhi kekurangan RKB di sekolah tersebut. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.