99 Persen Debitur BNI Lancar

oleh -62 Dilihat

Kepala BNI Cabang Sumbawa, I Putu Astrawan

 

Beritasumbawa.com (15/9/2021)

SUMBAWA- Meski di tengah pandemi, BNI Cabang Sumbawa tetap memberikan kredit bagi masyarakat. Sejak Januari hingga saat ini, realisasi kredit BNI telah mencapai 99 persen.

Kepala BNI Cabang Sumbawa, I Putu Astrawan mengatakan, tahun ini jumlah kredit yang digulirkan mencapai Rp 1,076 triliun. Dari keseluruhan, sekitar  99 persen kredit yang digulirkan itu lancar. Hanya satu persen dari kredit yang bermasalah.

Dipaparkan, salah satu barometer pihaknya dalam menyalurkan pembiayaan adalah dengan memilih sektor yang sehat. Pihaknya juga memilih calon debitur yang memiliki integritas. “Pendalaman terhadap calon debitur benar-benar kami lakukan,” ujar Iwan, akrabnya disapa.

Selain itu, pembiayaan yang diberikan juga harus sesuai tujuan. Dicontohkan, jika calon debitur mengajukan kredit untuk usaha perdagangan, maka akan terus dipantau. Jangan sampai pembiayaan yang diberikan digunakan untuk yang lainnya.

kehilangan

“Kami melakukan pemantauan. Mungkin ini bedanya degan bank lain. Kami kasi kredit, tapi kami nggak tinggal. Kami tetap datangi, ajak ngobrol, tanya apa kesulitannya, usahanya sudah sejauh mana. Intinya pemantauan,” imbuhnya.

Menurut Iwan, apabila ada debitur yang bermasalah, maka akan diberikan kesempatan. Dalam hal ini, pihaknya memosisikan diri seperti dokter. Pihaknya menanyakan apa yang terjadi pada debitur itu. Jika yang bersangkutan masih kooperatif, maka akan dilakukan relaksasi dan restrukturisasi. “Debitur yang bermasalah ini tidak semata-mata kami jadikan musuh. Tidak. Kami dekati dia, kami ajak bicara. Apa yang bisa kami lakukan untuk menyelamatkan,” terangnya.

Mengenai satu persen kreditur yang tidak lancar, lanjut Iwan, hal ini dikarenakan kondisi mereka. Biasanya debitur itu kondisi usahanya menurun saat kredit mulai berjalan. Juga bisa jadi karena salah manajemen dan konflik keluarga. “Jadi, bukan karena debitur tersebut nakal. Namun lebih kepada kondisi yang dialami oleh mereka,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.