Pererat Silaturahim, Pagar Nusa Gelar Latihan gabungan 

oleh -47 Dilihat

Salah satu atraksi yang ditampilkan pendekar dalam latihan gabungan Pagar Nusa Kabupaten Sumbawa

 

Beritasumbawa.com (5/9/2021)

SUMBAWA- Organisasi beladiri Pagar Nusa Kabupaten Sumbawa, menggelar latihan gabungan, Minggu (5/9) pagi. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Pengadilan Negeri Sumbawa ini dilakukan, untuk mempererat tali silaturahim seluruh anggota.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 150 pendekar Pagar Nusa. Para pendekar ini berasal dari seluruh cabang dan ranting se-Kabupaten Sumbawa. Dalam kegiatan ini, para pendekar juga mendemonstrasikan kemampuannya dalam berbagai atraksi. Seperti peragaan jurus dengan tangan kosong dan peragaan jurus dengan senjata. Selain itu juga dilakukan atraksi kekuatan dan daya tahan tubuh para pendekar.

Pendiri Pagar Nusa Kabupaten Sumbawa, Luki Eko Andrianto, mengatakan, Pagar Nusa sendiri merupakan bagian dari organisasi Nahdatul Ulama (NU). Pagar Nusa adalah “pagarnya” NU dan bangsa. “Yang jelas kami adalah banomnya NU,” ujar Gus Luki, akrabnya disapa.

Sedikit diceritakan, Pagar Nusa lahir atas kecemasanparaa kyai atas keselamatan para santri saat berdakwah. Karena itu, para santri yang berdakwah juga dibekali dengan ilmu bela diri. Hal ini juga sudah diterapkan sejak jaman Wali Songo. Jadi, memiliki ilmu agama dan bela diri menjadi keharusan para santri dalam berdakwah.

kehilangan

Gus Luki mengungkapkan, di Kabupaten Sumbawa, Pagar Nusa memiliki sekitar 700 anggota aktif. Saat ini, pihaknya juga tengah melakukan penggodokan terhadap 500 pemuda di Desa Batu Rotok.

Khusus dalam kegiatan latihan gabungan ini, diikuti oleh sekitar 150 orang pendekar. Semuanya merupakan perwakilan dari seluruh ranting dan cabang Pagar Nusa se-Kabupaten Sumbawa. Latiham gabungan ini dilaksanakan untuk mempererat silaturahim para pendekar Pagar Nusa se-Kabupaten Sumbawa.

Kedepan, Pagar Nusa akan menjadi kekuatan yang mengawal ulama, terutama ulama NU. Pagar Nusa sendiri selalu membela kedaulatan RI. Aktivitas Pagar Nusa ini juga sebagai upaya untuk menjauhkan generasi muda dari aktivitas negatif. Seperti pergaulan bebas, minum minuman keras dan narkoba. “Apa yang dilarang oleh agama dan negara, ini yang kami jauhkan dari generasi muda,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.