Kembangkan Bisnis Pariwisata, Perusda Gandeng Asparnas

oleh -24 Dilihat

Penandatanganan MoU antara Direktur Perusda Sabalong Samawa dengan Ketua Asparnas Kabupaten Sumbawa terkait pengembangan bisnis pariwisata

 

Beritasumbawa.com (3/9/2021)

SUMBAWA- Perusahaan Umum Daerah (Perusda) Sabalong Samawa, menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kabupaten Sumbawa. Hal ini dilakukan, guna pengembangan bisnis pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Direktur Perusda dengan Ketua Asparnas Kabupaten Sumbawa, Kamis (2/9) lalu.

Direktur Perusda Kabupaten Sumbawa, Mila Rosalia, SP, mengapresiasi atas kesedian Asparnas menjalin kerjasama dibidang bisnis dan pariwisata. Nantinya, Perusda dan Asparnas akan berkolaborasi untuk mensinergikan program kedua belah pihak. Demi pengembangan bisnis pariwisata di Kabupaten Sumbawa. “Kami mengucapkan terima kasih atas inisiasinya untuk kita berkolaborasi dan mensinergikan program-program antara Perusda dan Asparnas. Demi kemajuan bisnis pariwisata Sumbawa,” ujarnya.

Mila memaparkan, dia dilantik memegang amanah sebagai Dirut Perusda pada 2018 lalu. Dia dipercayakan sebagai direktur hingga 2022 mendatang. Pada awalnya Perusda ini menjadi pusat edukasi bisnis dan informasi. Karena Perusda sebelumnya beroperasi dalam bentuk multisektoral.

Namun setelah berkoordinasi dan diaudit oleh BPKP, pihaknya diminta untuk membuat arah bisnis yang fokus pada satu sektor bisnis. Sehingga pihaknya memilih bisnis pariwisata. “Karena menurut kami pariwisata ini sangat seksi untuk dikembangkan. Dalam upaya membranding kembali Perusda pada saat itu,” urai Mila.

kehilangan

Secara umum visi Perusda adalah sebagai pusat bisnis informasi dan edukasi, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Kemudian pihaknya mendorong adanya kemandirian dari generasi muda dengan menerapkan digitalisasi.

Adapun misinya adalah berusaha untuk mengembalikan Perusda ke posisi rilis stabil. Dalam artian posisi kembali normal sebagai perusahaan yang notabene waktu itu mati. Pihaknya juga berharap keberadaan Perusda ini nantinya mendapat kepercayaan dan keberpihakan dari pemilik. Harapannya dalam mengembangkan usaha menjadikan sumber bisnis dari pemerintahan.

Kemudian, pihaknya ingin mengoptimalkan aset yang ada di Perusda ini. Tidak hanya membranding diri saja, tapi juga berorientasi profit. Karena Perusda adalah perusahaan. Kemudian diarapkan Perusda menjadi pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat dalam berbagai. Khususnya dalam bisnis pariwisata. Pihaknya juga berusaha mengembangkan jaringan sistem operasi sektoral dengan penerapan inovasi.

“Alhamdulillah Perusda sudah ada beberapa inovasi yang diterapkan. Kami berharap dengan teman-teman ada inovasi yang fokus di pariwisata sesuai dengan kondisi kami. Seperti yang sudah kami lakukan selama ini adalah membangun jaringan dengan BUMDes. Karena pembangunan waktu itu, ada pola yang kuat, mengawali dari Desa dulu. Termasuk nanti dengan Asparnas bisa menguatkan desa wisata. Ini adalah strategi kami pada tahun pertama melalui optimalisasi potensi aset, restrukturisasi keuangan SDM yang inovatif,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Asparnas Kabupaten Sumbawa, Muhammad Taufik mengatakan, pihaknya mendukung penuh program dari Perusda Sabalong Samawa. Sebab, program tersebut sejalan dengan visi dan misi Asparnas. Karena itu, kedepannya koordinasi antara kedua belah pihak akan lebih intens dilakukan. Demo pengembangan pariwisata di Kabupaten Sumbawa kedepannya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.