Momentum HUT MA, PN Sumbawa Terapkan Teknogi dalam Melayani Masyarakat

oleh -12 Dilihat

Ketua dan para hakim beserta staff PN Sumbawa saat mengikuti upacara peringatan HUT Mahkamah Agung ke-76 yang dilaksanakan secara virtual

 

Beritasumbawa.com (19/8/2021)

SUMBAWA- Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa, menggelar sejumlah kegiatan dalam memperingatkan HUT Mahkamah Agung (MA) ke-76 tahun ini. Dalam momentum ini, PN Sumbawa juga menerapkan penggunaan teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Peringatan HUT MA tahun ini, dilaksanakan secara sederhana oleh PN Sumbawa. Seperti pelaksanaan syukuran yang dilakukan secara sederhana. Kemudian dilanjutkan dengan upacara peringatan HUT MA yang dilaksanakan secara virtual. Kegiatan ini dilaksanakan di PN Sumbawa, Kamis (19/8) pagi.

Ketua PN Sumbawa, Toniwidjaya Hansberd Hilly, SH, yang ditemui seusai kegiatan mengatakan, Mahkamah Agung sudah mencanangkan sistem peradilan menuju peradilan moderen. Yakni menggunakan teknologi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mencari keadilan. “Jadi, penggunaan teknologi yang menjadi titik central kebijakan Mahkamah Agung saat ini,” ujarnya, kemarin.

Dipaparkan, untuk mendukung hal ini, PN Sumbawa sudah menerapkan penggunaan teknologi dalam sejumlah kegiatan. Seperti dalam pelaksanaan persidangan yang dilakukan secara online. Terutama persidangan kasus pidana.

kehilangan

Sementara untuk perkara perdata, pihaknya telah menggunakan aplikasi e-Court dan e-Litigasi. Dalam penggunaan aplikasi ini, sebagian proses perkara perdata dilaksanakan dengan tidak tatap muka. Seperti proses pengajuan gugatan, jawab menjawab, replik, duplik, kesimpulan hingga putusan. Dimana para pihak tidak perlu hadir secara langsung. “Cukup menggunakan aplikasi e-Court itu untuk menyampaikan seluruh jawab jinawabnya itu. Kami mengurangi adanya kontak pertemuan secara langsung para pihak,” jelasnya.

Pengajuan surat keterangan juga bisa diajukan secara elektronik. Dimana pemohon tinggal mengakses aplikasi yang sudah ditentukan melalui smartphone masing-masing. Setelah proses pengisian data sudah lengkap, pemohon bisa langsung mengambil surat yang diperlukan secara langsung. Dalam hal ini pemohon juga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan dokumen yang diperlukan.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya tetap berpatokan pada visi-misi MA. Yakni menerapkan proses peradilan yang Agung. Pihaknya akan terus meningkatkan dan menjaga kemandirian dalam penegakkan hukum. Kemudian memberikan pelayanan yang berkeadilan kepada masyarakat dan keterbukaan. Itulah yang menjadi titik fokus pihaknya kepada masyarakat pencari keadilan.

Dalam tahun ini, lanjutnya, guna memperingati HUT MA ke-76 yang jatuh pada 19 Agustus, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan. Salah satunya adalah bakti sosial berupa pembagian sembako bagi masyarakat di lingkungan PN Sumbawa. Hal ini sebagai wujud perhatian kepada masyarakat. Terutama dalam masa pandemi ini. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.