17 Agustus, Satu Warga Binaan Merdeka

oleh -23 Dilihat

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah, didampingi Kalapas Sumbawa Besar, M. Fadli, menyerahkan Surat Keputusan Pemberian Remisi Umum secara simbolis kepada dua orang perwakilan warga binaan Lapas Sumbawa 

 

Beritasumbawa.com (17/8/2021)

SUMBAWA- Satu dari 323 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Sumbawa, bisa menghirup udara bebas. Warga binaan ini langsung bebas setelah mendapatkan remisi pada perayaan 17 Agustus.

Pemberian remisi ini dibarengi dengan upacara peringatan kemerdekaan RI ke-76. Kegiatan itu, dihadiri langsung oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Bupati Sumbawa. Dengan panduan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara virtual. Dalam kegiatan itu, bupati didampingi Kalapas Sumbawa, M. Fadli menyerahkan Surat Keputusan Pemberian Remisi Umum secara simbolis kepada dua orang perwakilan warga binaan Lapas Sumbawa.

Kalapas Sumbawa, M. Fadli, mengatakan, sebanyak 323 orang dari total 590 orang warga binaan memperoleh Remisi Umum 17 Agustus tahun ini. Dengan rincian 55 orang memperoleh remisi satu bulan. 99 orang remisi dua bulan. 85 orang remisi tiga bulan. 40 orang remisi empat bulan. 34 oang remisi lima bulan dan 10 orang remisi enam bulan.

Dari jumlah tersebut satu orang diantaranya mendapatkan Remisi Umum Kategori II (RU-II). Yaitu remisi yang diperoleh membuat sisa pidana narapidana yang bersangkutan habis atau bisa langsung bebas.

kehilangan

Fadli mengungkapkan, sisa yang tidak mendapatkan remisi merupakan narapidana yang belum memenuhi syarat. Sebab, secara administratif ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh warga binaan, untuk dapat diusulkan memperoleh remisi.

“Narapidana yang mendapatkan remisi umum ini dipastikan telah menjalani hukuman minimal enam bulan. Juga menunjukkan kelakuan baik selama menjalani masa pidana serta kelengkapan administrasinya telah terpenuhi,” pungkas Fadli. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.