Maksimalkan Babinsa Sebagai Tracer, Kodim Lakukan Ini

oleh -20 Dilihat

Pelatihan para Babinsa jajaran Kodim 1607/Sumbawa

 

Beritasumbawa.com (3/8/2021)

SUMBAWA- Kodim 1607/Sumbawa, memberikan pelatihan kepada seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajarannya. Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Parikesit Kodim 1607/Sumbawa ini bertujuan untuk memaksimalkan peran Babinsa, sebagai tracer kontak pasien covid-19.

Dalam pelatihan melalui jaring Video Conference, para Babinsa diberikan sejumlah materi. Meliputi pengetahuan dasar tentang covid-19, pencegahan dan pengendalian. Serta strategi pengendalian Covid-19 melalui penelusuran kontak (contact tracing) dan pelatihan pengambilan Antigen Rapid Test.

Seluruh Babinsa Kodim 1607/Sumbawa sebelumnya sudah dibekali pelatihan untuk memaksimalkan tugas sebagai tracer dalam hal penanganan Covid-19. Dalam pelatihan tersebut para Babinsa diingatkan kembali tugas pokok seorang tracer agar totalitas mendukung pelaksanaan tugas di masing-masing wilayah binaan.

Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) mengatakan, pelatihan seluruh Babinsa untuk menguatkan testing dan tracing sejak dini terhadap kasus baru covid-19. Para Babinsa di masing-masing wilayah kodim ikut dilibatkan dalam rangka mempercepat penanganan covid-19, yang juga menjadi salah satu strategi pemerintah.

kehilangan

“Kami selaku aparat di kewilayahan akan selalu aktif dan mendukung program dan strategi pemerintah dalam penanganan covid-19,” ujar dandim.

Dandim menambahkan, pelatihan ini dilakukan, agar Babinsa lebih banyak mendapatkan informasi Covid-19, sehingga langkah maupun tindakan di lapangan akan maksimal. Kepada seluruh personel yang telah diberikan pelatihan, diharapkan menjadi tenaga yang cakap dan profesional. Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat guna memutus rantai penyebaran covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumbawa.

Dandim juga menekankan adanya sikap senantiasa bersinergi dengan seluruh pihak terkait di wilayah masing-masing. Selain itu Babinsa harus menjadi contoh dan terus menerapkan disiplin ketat kepada masyarakat. Dalam menjalankan protokol kesehatan di manapun dan kapanpun.

“Dengan harapan upaya-upaya pencegahan ini dapat berjalan maksimal dan kita semua dapat keluar dari situasi pandemi ini,” pungkas dandim. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.