Asparnas Sumbawa Dukung Penataan Desa Wisata Gapit

oleh -26 Dilihat

Pertemuan Asparnas Kabupaten Sumbawa dengan Kepala Desa Gapit, Kecamatan Empang, Aman Muslimin

 

Beritasumbawa.com (24/7/2021)

SUMBAWA- Asosiasi Pariwisata Nasional (ASPARNAS) Kabupaten Sumbawa, melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Gapit, Kecamatan Empang, Aman Muslimin, Jumat (23/7) siang huo aa. Pertemuan itu dilakukan guna membahas potensi wisata desa setempat. Dalam hal ini, Asparnas mendukung penataan Desa Wisata Gapit.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Sekretariat Asparnas Kabupaten Sumbawa itu, Kepala Desa Gapit, Aman Muslimin memaparkan potensi wisata di desanya. Aman mengatakan, Desa Gapit memiliki potensi wisata air. Dengan keberadaan Bendungan Gapit dengan segala di dalamnya sangat memikat bagi wisatawan. Khususnya pecinta kuliner, pemancingan dan olahraga sepeda.

“Hal unik dari destinasi wisata Bendungan Gapit adalah spot alamnya yang indah. Begitu masuk, kita dihadapkan pada bentangan air bendungan. Belum terlihat bangunan bendungannya,” ujar Abe, akrabnya disapa.

Menurut Abe, Bendungan Gapit sangat bagus untuk tempat memancing. Juga salah satu bendungan yang memiliki pulau. Karena itu, di lokasi tersebut sangat cocok dikembangkan wisata air. Untuk Pokdarwis Desa Gapit sendiri sudah terbentuk. Hanya tinggal bekerja saja.

kehilangan

Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa untuk mengembangkan bendungan tersebut. Kolaborasi dibangun dengan berbagai kalangan, agar wisata ini bisa berkembang. Kolaborasi dilakukan antara lain dengan BWS Nusa Tenggara I, Universitas Teknologi Sumbawa dan Dinas PRKP Kabupaten Sumbawa. Pihaknya mengharapkan agar Asparnas Sumbawa dapat mendukung potensi wisata di Desa Gapit.

Dalam hal ini, Asparnas Kabupaten Sumbawa menyambut positif hal tersebut. Rektor Iisbud Warna, Dr. ahmad Yamin, mengatakan, pihaknya akan mendukung perencanaan dan pembenahannya. “Jika sudah siap, Asparnas Sumbawa akan promosikan,” imbuhnya.

Litbang Asparnas Kabupaten Sumbawa, Abdul Ma’ruf Rahmat, SP mengatakan, dukungan ini diberikan, seiring dengan rencana Asparnas untuk mempersiapkan destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa. Terlebih pada 2022 mendatang akan digelar event Moto GP di Sirkuit Mandalika. “Kita harus siap menerima limpahan tamu dari luar negeri,” kata Ma’ruf.

Sementara itu, Ketua Asparnas Kabupaten Sumbawa, Muhammad Taufik mengatakan, pihaknya akan mendukung apa yang menjadi program wisata dari destinasi tersebut. Untuk kedepannya, diharapkan destinasi tersebut akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Sumbawa. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.