Dicerai dan Diterlantarkan Suami, WNA Ini Luntang-lantung di Sumbawa

oleh -32 Dilihat

Sarina (menggunakan jilbab, red) saat dijemput oleh petugas dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa di rumah salah seorang warga di Kecamatan Rhee

 

 

Beritasumbawa.com (24/6/2021)

SUMBAWA- Nasib sedih dialami oleh Sarina, warga negara asing (WNA) asal Malaysia. Setelah dibawa ke Indonesia, wanita berusia 24 tahun ini diceraikan oleh suaminya. Kemudian, dia dibawa ke Sumbawa dan diterlantarkan suaminya.

Menurut informasi, Sarina datang ke Indonesia tahun 2011 secara ilegal melalui Batam. Sarina datang bersama seorang laki-laki yang berasal dari Praya, Kabupaten Lombok Tengah dengan tujuan untuk menikah.

Setelah menikah, yang bersangkutan memiliki seorang anak perempuan. Saat ini anak perempuannya berusia lima tahun. Setelah sembilan tahun, Sarina mengaku dicerai dan diusir oleh suaminya.

kehilangan

Setelah itu yang bersangkutan berkenalan dengan seorang laki-laki yang berasal dari Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa, melalui facebook. Kemudian, Sarina dibawa oleh mantan suaminya ke Rhee dan diterlantarkan. Selama dk Rhee, Sarina hidup dari belas kasihan warga. Setiap hari, dia makan dari rumah satu warga, ke rumah lainnya. Bahkan dia rela menjadi buruh tani untuk menghidupi dirinya sendiri.

Setelah berada di Sumbawa sekitar sembilan bulan, Sarina ingin kembali ke Malaysia. Dengan cara melamar menjadi CPMI melalui salah satu PJPM. Saat calon sponsornya menanyakan dokumen kependudukannya, Sarina mengaku bahwa dia adalah WNA Malaysia dan tidak memiliki dokumen kependudukan.

Akhirnya, calon sponsornya menginformasikan hal itu ke petugas Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar. Pada 25 Mei lalu, petugas langsung mendatangi Sarina di Rhee. Petugas kemudian melakukan koordinasi dengan kepala dusun beserta Kepala Desa Rhee Loka, untuk membawa Sarina ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar. Agar dilakukan pemeriksaan dan dimintai keterangan lebih lanjut.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Pungki Handoyo, didampingi Kasi Inteldakim, Yusa Setia Budi yang dikonfirmasi membenarkan hal itu. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Malaysia terkait identitas dari Sarina. Guna mendapatkan travel dokumen untuk Sarina.

Hingga saat ini, Sarina masih diamankan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa. Setelah travel dokumennya keluar, maka dia akan segera dideportasi ke Malaysia. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.