Wakil Ketua PN Sumbawa Dilantik

oleh -26 Dilihat

Ketua PN Sumbawa, Toniwidjaya Hansberd Hilly, SH, (kiri) saat melantik Karsena, SH., MH (kanan) sebagai Wakil Ketua PN Sumbawa

 

Beritasumbawa.com (23/6/2021)

SUMBAWA- Setelah hampir dua tahun kosong, jabatan Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa akhirnya terisi. Jabatan itu kini diisi oleh Karsena, SH., MH, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Enrekang, Sulawesi Selatan. Pengukuhan ini ditandai dengan sidang luar biasa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua PN Sumbawa, Rabu (23/6) pagi, di PN Sumbawa.

Prosesi pengambilan sumpah dan jabatan Karsena, SH., MH, sebagai Wakil Ketua PN Sumbawa

Dalam kegiatan itu, bertindak selaku pimpinan sidang, Ketua PN Sumbawa, Toniwidjaya Hansberd Hilly, SH. Dalam sidang itu, dibacakan surat keputusan Mahkamah Agung terkait pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan.

Dalam sambutannya, Ketua PN Sumbawa, Toniwidjaya Hansberd Hilly, SH mengatakan, pelantikan ini merupakan salah satu alih tugas jabatan. Dimana hal ini merupakan promosi jabatan bagi yang bersangkutan. Untuk menempati jabatan sebagai wakil ketua pengadilan, dilakukan fit and proper test terlebih dahulu oleh Mahkamah Agung.

Dijelaskan, jabatan wakil ketua ini adalah jabatan strategis. Dimana ketua dan wakil ketua akan berkolaborasi untuk mewujudkan peradilan yang berkeadilan. Serta memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima. Dimana saat ini pengadilan terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

kehilangan

“Karena itu, saling berkoordinasi harus dilaksanakan dengan baik. Terutama dengan aparat penegak hukum. Karena jika tidak terjadi koordinasi yang baik, maka akan terjadi ketimpangan,” ujar Toniwidjaya.

Ditegaskan, PN Sumbawa akan terus meningkatkan pelayanan, keadilan dan administrasi umum kepada masyarakat. Pihaknya juga kini tengah berjuang untuk memperoleh predikat zona integritas. Guna menuju kategori wilayah bebas korupsi. Karena itu, pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan, demi kenyamanan masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga menciptakan aplikasi guna pelayanan masyarakat. Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, dalam pandemi yang terjadi saat ini, tekhnologi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam hal ini, pihaknya sudah membuat banyak terobosan pada sektor ITE. Guna memudahkan pelayanan masyarakat. Bersama Wakil Ketua PN Sumbawa yang baru, diharapkan bisa lebih memajukan dunia peradilan dan menegakkan peradilan di wilayah hukum PN Sumbawa.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua PN Sumbawa, Karsena, SH., MH mengatakan, diharapkan keberadaanya di Kabupaten Sumbawa bisa membantu Ketua PN Sumbawa. Dalam menjalankan roda peradilan di wilayah hukum PN Sumbawa. “Kedatangan kami diharapkan bisa diterima oleh bapak dan ibu sekalian. Kami juga harapkan bimbingan dari Pak Ketua (PN Sumbawa, red), sehingga bisa melaksanakan tugas dengan baik,” terang pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah ini.

Kegiatan ini, dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Kapolres Sumbawa, AKBP. Widy Saputra, SIK., MH, Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav. Rudy Kurniawan, S.Sos., M.Tr (Han), unsur Forkopimda Sumbawa dan KSB, serta para hakim di PN Sumbawa. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.