Granat di Pantai Telang Akhirnya Diamankan Brimob

oleh -34 Dilihat

Tim Jibom Satuan Brimob Sumbawa, saat mengevakuasi granat yang ditemukan di Pantai Telang, Des Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk

 

 

Beritasumbawa.com (22/6/2021)

LUNYUK- Adanya penemuan benda yang diduga granat di Pantai Telang, Desa Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk, Senin (21/6) lalu, langsung disikapi Satuan Brimob Sumbawa. Bahan peledak tersebut, kini sudah diamankan di Mako Brimob Sumbawa.

Dari pantauan di lapangan, Tim Jibom Brimob Sumbawa, tiba di lokasi sekitar pukul 20.30 Wita. Langsung saja, tim yang terdiri dari tujuh orang itu langsung mengamankan kondisi sekitar. Setelah diperiksa, dipastikan bahwa benda yang diduga granat itu adalah bahan peledak militer.

Setelah itu, bahan peledak tersebut kemudian dibawa untuk dievakuasi ke Mako Brimob Sumbawa.

kehilangan

Komandan Kompi (Danki) Brimob Sumbawa, Iptu. Nurdin, S.AP yang dikonfirmasi membenarkan bahwa benda tersebut adalah bahan peledak. Setelah diperiksa, bahan peledak itu adalah jenis granat militer fragmentasi. Dimana Tim Jibom yang dipimpin Aipda. Sukri sudah melakukan evakuasi awal ke Polsek Lunyuk. Setelah itu, granat tersebut diamankan sesuai SOP menggunakan Bucket Bom dan dievakuasi ke Mako Brimob. “Saat ini, masih kami amankan di Mako. Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut untuk pendisposalan,” ujar Nurdin.

Dipaparkan, hasil identifikasi awal, granat tersebut belum diketahui tahun pembuatannya. Sebab, nomor serinya sudah tidak jelas. Granat ini memiliki diameter sepanjang 64 milimeter, dengan panjang 89 milimeter dan memiliki berat sekitar 300 gram.

Sementara ini, diperkirakan granat itu merupakan peninggalan tentara Jepang. Sebab, menurut informasi dari Camat Lunyuk, di sekitar lokasi tersebut terdapat benteng peninggalan Jepang. “Tim Jibom juga sudah menyampaikan kepada pak camat, tidak menutup kemungkinan barang seperti ini bisa ditemukan lagi di sekitar lokasi,” imbuhnya.

Terpisah, Camat Lunyuk, Iwan Sofyan mengatakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya berencana akan membuat tanda peringatan di sekitar lokasi itu. Agar warga lebih berhati-hati jika melintasi area tersebut.

Pihaknya mengajak Polsek Lunyuk untuk segera mensosialisasikan atau mengingatkan warga. Agar jika warga yang beraktifitas di area itu lebih berhati-hati. Karena di lokasi itu terdapat goa peninggalan Jepang. Jika nantinya warga menemukan benda yang aneh dan mencurigakan, diharapkan untuk tidak disentuh. Kemudian segera melaporkan ke pihak kecamatan atau pihak kepolisian. (bs/aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.