Bulog Gandeng Bumdes Pasarkan Produk ke Masyarakat

oleh -22 Dilihat

Penandatanganan SKKB yang dilakukan oleh  Kepala Perum Bulog Cabang Sumbawa, Kurnia Rahmawati S.Tp (kanan) dan Manager BUMDes Intan Bulaeng, Pian Capriandi (kiri)

Beritasumbawa.com (18/06/2021)
LUNYUK- Perum Bulog Sumbawa, menggandeng BUMDes Intan Bulaeng, Desa Perung, Kecamatan Lunyuk. Hal ini dilakukan, guna memasarkan produknya kepada masyarakat. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Surat Kesepakatan Kerja Bersama ( SKKB). Antara perum Bulog kabupaten Sumbawa dengan BUMSes Intan Bulaeng, Jumat (18/6). Kegiatan ini berlangsung di aula Kantor BUMDes Intan Bulaeng.

Penandatanganan SKKB ini dilakukan oleh  Kepala Perum Bulog Cabang Sumbawa, Kurnia Rahmawati S.Tp dan Manager BUMDes Intan Bulaeng, Pian Capriandi. Disaksikan oleh Kepala Desa Perung, perwakilan Camat Lunyuk, BPD Perung, serta seluruh kepala dusun dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Perum Bulog Cabang Sumbawa, Kurnia Rahmawati, S.Tp

Dalam kegiatan itu, Kepala Perum Bulog Cabang Sumbawa, Kurnia Rahmawati S.Tp mengatakan, adanya kerjasama dengan salah satu BUMDes di Kecamatan Lunyuk ini, merupakan  bentuk pembinaan rumah pangan perum Bulog itu sendiri. Nantinya, mitra Bulog yaitu BUMDes Intan Bulaeng  ini akan memasarkan atau mendistribusikan produk dari perum Bulog itu sendiri. “Tujuannya untuk mendekatkan produk Bulog ke masyarakat. Melalui program kemitraan dengan BUMDes,” ujarnya.

Nia, akrabnya disapa memaparkan, jenis produk yang diluncurkan Perum Bulog tahap awal ini adalah beras kualitas premium, minyak goreng, serta gula putih. Namun tidak menutup kemungkinan nantinya juga  akan diluncurkan produk beras kualitas medium.

Adapun sistem kerjasama yang diterapkan adalah sistem tunda bayar atau konsiniasi dan keringanan harga tentunya,” tutur Nia.

Dia berharap, kerjasama seperti ini akan terus berlanjut. Pihaknya akan terus bersinergi dengan mitra. Dimana BUMDes Intan Bulaeng ini tidak hanya mendistribusikan produk Bulog saja. Namun juga diharapkan bisa memiliki produk pangan lokal. Tentu pihaknya akan siap untuk mempromosikan serta mendistribusikannya.

kehilangan

Nia mengungkapkan, alasan pihaknya memilih BUMDes sebagai mitra, karena badan usaha tersebut merupakan milik desa. Tentunya akan memberi kemaslahatan yang lebih kepada mmasyarakat. Adapun jangka waktu kerjasama dengan BUMDes Intan Bulaeng ini akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Namun diharapkan kerjasama ini akan bisa terus diperpanjang dan berlanjut.

Manager BUMDes Intan Bulaeng, Pian Capriandi

Sementara itu, Manager BUMDes Intan Bulaeng, Pian Capriandi mengatakan, bahwa produk dari Perum Bulog ini siap dipasarkan. Dengan menggunakan sistem grosir dan eceran. Alasannya, untuk menjaga stabilitas ekonomi dan pendapatan kios, atau usaha mikro kecil  di tengah masyarakat.

Adanya kerjasama ini juga bertujuan untuk meringankan beban masyarakat atas kebutuhan sembako sehari-hari. Sebab, setiap hari masyarakat membeli kebutuhan pokok dengan harga yang relatif tinggi. Dimana harganya lebih tinggi dari produk Bulog yang dipasarkan oleh BUMDes Intan Bulaeng ini.

Pihaknya sangat bersyukur dengan adanya kerjasama ini. Sebab, harga produk yang ditawarkan oleh Bulog lebih murah. Selain itu, produk yang ditawarkan juga kualitasnya tidak kalah dengan produk lainnya.

Dengan adanya kerjasama ini, lanjut Picot, pihaknya resmi membuka pasar murah. Dimana masyarakat bisa langsung mendatangi kios atau kantor BUMDes Intan Bulaeng. Pihaknya juga tidak membatasi warga yang datang untuk berbelanja. Warga dari luar Desa Perung juga bisa datang untuk berbelanja di BUMDes tersebut.

Produk Perum Bulog Cabang Sumbawa yang siap dipasarkan

Dalam kegiatan ini, Perum Bulog juga langsung membawa produknya untuk bisa segera dipasarkan. Adapun produk yang diserahkan oleh Perum Bulog sebagai bentuk kerjasama tahap awal ini berupa beras premium ukuran 25 kilogram sebanyak 60 zak. Kemudian beras berukiran 10 kilogram sebanyak 100 zak. Tidak hanya itu, Bulog juga membawa minyak goreng sebanyak 500 liter. Juga membawa gula putih sebanyak 500 kilogram. (bs/aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.