Asparnas Gali Potensi Wisata di Tiga Pulau

oleh -19 Dilihat

Asparnas Kabupaten Sumbawa, saat berkunjung ke Pulau Dangar Ode

 

Beritasumbawa.com (14/6/2021)

SUMBAWA- Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kabupaten Sumbawa, mendatangi tiga pulau di wilayah timur Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini dilaksanakan, guna menggali potensi pariwisata yang ada di tiga pulau tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 12 hingga 13 Juni lalu.

Ketua Asparnas Kabupaten Sumbawa, Muhammad Taufik mengatakan, adapun pulau yang menjadi tujuan yakni, Gili Dua, Dangar Ode dan Gili Ngali. Kegiatan ini dilakukan, untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di tiga pulau tersebut. Dimana pihaknya akan mendokumentasikan semua hal yang ada di lokasi itu. Sebab, masyarakat hanya mengetahui bahwa pulau tersebut hanya tempat persinggahan nelayan saja. Namun, ternyata lokasinya sangat bagus dan memiliki potensi wisata.

Dicontohkan, seperti di Dangar Ode, yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Selain itu, di Gili Dua, merupakan lokasi berkumpulnya hiu paus. Selama ini, yang diketahui bahwa hiu paus hanya berkumpul di perairan Labuhan Jambu, Kecamatan Plampang. Ternyata, di Gili Dua juga lokasi berkumpulnya hiu paus.

Sementara Gili Ngali, memiliki bentangan pasir putih yang sangat indah. Hanya saja, pihaknya menemukan persoalan di Gili Ngali dan Dangar Ode. Yakni, saat air pasang, maka sampah kayu akan berserakan di lokasi tersebut. Karenanya, perlu sedikit penataan saja di dua pulau tersebut.

kehilangan

Lebih lanjut dikatakan, Asparnas juga memiliki misi untuk membantu memulihkan perekonomian pariwisata. Asparnas membantu pemerintah untuk pengembangan wisata di daerah. Sebab, potensi wisata di kabupaten Sumbawa sangat banyak. Namun, masih belum terkenal.

Pihaknya melakukan pemetaan terkait sarana penunjang yang ada. Karena meskipun promosi pariwisata gencar dilakukan, namun tanpa ditunjang infrastruktur, tidak akan bisa maksimal. Sebab, para wisatawan pasti akan bercerita mengenai kunjungannya, saat kembali ke daerahnya.

Karena itu, hasil kunjungan ini akan diintegrasikan dengan stake holder terkait. Dengan tujuan, agar para wisatawan lebih nyaman saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.