Program BSU Diharapkan Tekan Angka Putus Sekolah

oleh -33 Dilihat

Sosialisasi program Beasiswa NTB oleh LPP NTB dan Biro Kesra NTB di Universitas Cordova KSB

 

Beritasumbawa.com (11/6/2021)

SUMBAWA- Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, berkunjung ke kabupaten/kota se-Pulau Sumbawa. Hal ini dilakukan, guna mempromosikan program beasiswa NTB ke luar negeri, dalam negeri dan rumah bahasa. Salah satunya adalah program Beasiswa Stimulan Unggulan (BSU). Dengan program ini, diharapkan bisa menekan angka putus sekolah dijenjang pendidikan tinggi.

Sekretaris LPP NTB, Sri Hastuti mengatakan, road show Pulau Sumbawa ini dimulai Jumat 11 hingga 13 Juni mendatang. Tujuan awalnya adalah KSB. Kemudian dilanjutkan ke Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan terakhir di Kota Bima. “Untuk sosialisasinya sudah kami mulai sejak seminggu yang lalu. Kegiatan road show ini juga sudah kami laksanakan di Pulau Lombok,” ujar Tuti, akrab lulusan Monash Universiti, Australia ini.

Dalam road show ini, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat di masing-masing kabupaten/kota. Dengan tujuan, agar masyarakat bisa lebih faham dan mengetahui program baru terkait Beasiswa NTB. Sebab, program Beasiswa NTB kini memiliki program baru. Yakni beasiswa dalam negeri Beasiswa Stimulan Unggulan (BSU).

Kabag Kesra Pelayanan Dasar, Biro Kesra Sekda NTB, Ahmad Muslim (kiri) dan Sekretaris LPP NTB, Sri Hastuti (kanan) saat menyosialisasikan program BSU

Dalam program ini, pihaknya memberikan bantuan beasiswa untuk sejumlah komponen. Dimana para peserta bisa mengajukan bantuan beasiswa sesuai dengan komponen yang mereka butuhkan. Seperti beasiswa SPP, biaya penelitian, tugas akhir, desertasi, biaya magang, PKL atau KKN. Beasiswa ini diperuntukkan bagi semua Mahasiswa NTB yang kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta. Baik di NTB ataupun di luar NTB.

kehilangan

Dalam sosialisasi ini, Biro Kesra Pemprov NTB bekerjasama dengan LPP NTB. Sebab secara tekhnis, beasiswa untuk perguruan tinggi dalam negeri ditangani oleh Biro Kesra.

Kabag Kesra Pelayanan Dasar, Biro Kesra Pemprov NTB, Ahmad Muslim mengatakan, menambahkan, BSU ini adalah program yang baru diluncurkan. Sebab, banyak sekali proposal bantuan beasiswa di Biro Kesra. Namun, belum sempat direalisasikan, baik itu tahun 2020 ataupun tahun ini. “Karena itu, program BSU ini dilaunching,” imbuhnya.

Dengan BSU ini, akan bisa mengakomodir semua kalangan. Selain itu, bantuannya juga transparan. Dalam hal ini, ada standarisasi yang harus dipenuhi oleh pemohon. Seperti saat mengajukan bantuan SPP, harus menunjukkan bukti kwitansi pembayaran dari kampus. Juga surat keterangan aktif kuliah. Begitu juga yang memilih beasiswa penelitian, harus ada persetujuan dari dosen pembimbing.

Untuk sementara, pemohon bisa mengajukan pendaftaran secara online. Melalui website resmi beasiswa.ntbprov.go.id/bsu. Apabila nanti program BSU ini banyak peminatnya, maka akan digunakan sistem perangkingan. Diharapkan dengan program ini, banyak masyarakat yang bisa dibantu. Sehingga angka putus sekolah bisa ditekan. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.