Ratusan Batang Sonokeling Tanpa Dokumen Diamankan

oleh -17 Dilihat

Ratusan batang sonokeling diduga hasil ilegal loging yang diangkut menggunakan truk, saat diamankan di SPBU Alas Barat

 

 

Beritasumbawa.com (3/6/2021)

ALAS- BKPH Puncak Ngengas Alas bersama Koramil 1607-04/Alas mengamankan kayu olahan tanpa dilengkapi dokumen resmi. Truk berisikan ratusan batang kayu itu diamankan di SPBU Alas Barat, Rabu (2/6) malam.

Berdasarkan penelusuran di lapangan, hal ini berawal saat Tim Polhut BKPH Puncak Ngengas Alas mendapat informasi, bahwa sebuah truk dengan Nopol P 9657 VF memuat kayu berjenis Sonokling. Diduga kuat kayu itu diangkut tanpa dokumen resmi.

Selanjutnya Tim Polhut BKPH Puncak Ngengas berkoordinasi dengan Koramil 1607-04/Alas. Kemudian dilakukan pemeriksaan dokumen terhadap kayu tersebut. Hasilnya, truk yang mengangkut kayu tersebut tidak dilengkapi dengan dokumen resmi. Sebab tidak adanya kecocokan antara surat angkut dan kendaraan angkut.

kehilangan

Atas temuan tersebut, Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos., M.Tr. (Han) memerintahkan Danramil 1607-04/Alas, Kapten Inf. Armansyah. Untuk menindaklanjuti dan mendukung kegiatan BPKH Puncak Ngengas Alas, tentang kayu tersebut.

” Saya sudah memerintahkan Danramil 1607-04/Alas beserta jajaran agar menidaklanjuti serta mendukung kegiatan BPKH Puncak Ngengas Alas. Dalam hal penemuan kayu yang tidak dilengkapi Dokumen resmi tersebut,” ujar dandim.

Diketahui, kayu jenis sonokling yang diangkut truk tersebut berjumlah 319 batang, atau sekitar 12,4 meter kubik. Dugaan sementara, kayu tersebut adalah hasil dari ilegal loging. Truk dan kayu tersebut diamankan di BKPH Alas. Saat ini, masih dilakukan pemeriksaan oleh BKPH Puncak Ngengas terhadap sopir truk. Pemeriksaan ini diikawal oleh personel Koramil 1607-04/Alas. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.