Status Kasus Dana Desa Sebotok Ditingkatkan

oleh -29 Dilihat

Kasi Intel Kejari Sumbawa, Anak Agung Putu Juniartana Putra, SH

 

 

Beritasumbawa.com (18/5/2021)

SUMBAWA- Status kasus dana Desa Sebotok yang diduga raib, ditingkatkan ke penyidikan. Hal ini dilakukan, setelah jaksa menemukan cukup bukti terkait dugaan penyimpangan dalam kasus tersebut.

Kasi Intel Kejari Sumbawa, Anak Agung Putu Juniartana Putra, SH yang dikonfirmasi, membenarkan adanya peningkatan status ini. Sejauh ini, sejumlah saksi sudah dipanggil guna dimintai keterangan. Seperti perangkat desa, BPD, pihak Kecamatan Labuhan Badas, serta dari pihak Dinas PMD Sumbawa.

Juniartana mengungkapkan, dalam kasus ini pihaknya menemukan kerugian negara sebesar Rp 500 juta. Namun, kerugian negara ini masih bersifat umum. Jadi, pihaknya akan meminta bantuan dari BPKP atau Inspektorat untuk melakukan audit investigatif. Guna menentukan secara pasti kerugian negara dalam kasus itu.

kehilangan

Sementara ini, pihaknya masih belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Mengingat, status kasus ini masih penyidikan umum. Setelah statusnya sudah penyidikan khusus, barulah penetapan tersangka dilakukan. “Secepatnya (penyidikan khusus, red). Kemungkinan bulan depan,” imbuhnya.

Meski demikian, pihaknya kini bisa melakukan upaya paksa dalam prosesnya. Seperti melakukan penggeledahan lapangan di Sebotok secara detail, untuk mengumpulkan data. Juga melakukan penyitaan. Jumlah saksi dalam kasus ini juga akan bertambah. Karena pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan saksi di lapangan.

Seperti diberitakan, penggunaan APBDes Sebotok, Kecamatan Labuhan Badas, pada 2020 lalu, ditelisik Kejaksaan. Sebab, diduga kuat APBDes tersebut disalahgunakan. Menurut informasi, anggaran sejumlah item pekerjaan diduga disalahgunakan. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.