Warga Membandel, Portal Diterobos

oleh -28 Dilihat

Warga yang membeludak di Pantai Kuang Dingin, Dusun Sumbersari, Desa Perung, Kecamatan Lunyuk

 

 

Beritasumbawa.com (14/05/2021)

LUNYUK- Meski obyek wisata di Kecamatan Lunyuk ditutup selama libur lebaran, namun warga tetap membandel. Warga bahkan menerobos portal penutup obyek wisata di Kecamatan Lunyuk. Seperti yang terjadi di Sumbersari, Desa Perung, Jumat (14/5).

Dari pantauan di lapangan, obyek wisata Kuang Dingin di Dusun Sumbersari ramai dikunjungi masyarakat. Meski telah dipasang portal di titik nol Sumbersari dan dijaga tim relawan hingga petugas Linmas, namun ridak berhasil. Sebab, warga nekat menerobos masuk ke obyek wisata tersebut. Hingga para petugas dan relawan covid Desa Perung tidak bisa berbuat banyak.

Camat Lunyuk, Drs. Iwan Sofyan yang dikonfirmasi mengenai hal ini, juga terkejut. Mendapat informasi ini, IIwa langsung menghubungi kepala desa setempat. Menurut informasi yang diperolehnya, terjadi miss komunikasi kepala desa setempat dengan tim relawan desa. Sebelumnya Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D) Kecamatan Lunyuk sepakat membuat portal di lokasi wisata. Seperti di Emang Lestari menuju lokasi wisata Telang dan Pasir Putih. Kemudian di Desa Perung menuju Pantai Kuang Dingin.

kehilangan

Namun di llapanga, tim relawan desa dan dusun membiarkan hanya warga Desa Perung ke lokasi tersebut. Sedangkan warga lainnya tidak di perbolehkan. Dalam hal ini, hanya yang menggunakan masker yang diizinkan lolos. Karena miss komunikasi ini, akhirnya warga lainnya menerobos portal yg ada di Desa Perung. Hal ini menyebabkan petugas kewalahan.

Secara terpisah Ketua Pokdarwis Perung sekaligus Pengelola Pantai Kuang Dingin, Bull mengatakan, pihaknya mengetahui bahwa masyarakat dilarang ke pantai hingga Minggu (16/5) mendatang. Informasi ini diperoleh dari grup Whatsapp Kecamatan Lunyuk. Dia juga menginstruksikan agar pantai ditutup. Sesuai surat edaran dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa. Dimana pihaknya diminta untuk memperketat penjagaan pengelola wisata.

“Karena melihat surat edaran dan larangan di Kecamatan Lunyuk, jadi saya memutuskan menutup pantai Kuang Dingin. Masalah membeludaknya pengunjung tadi. Saya tidak tahu Tim Satgas Covid dan Pemdes Perung bagaimana kebijakannya. Karena saya tidak masuk di dalam internal mereka. Jadi saya tidak tahu. Itu mankanya tadi saya yang angkat di Facebook Pokdarwis masalah kebersihan dengan membludaknya orang di barangi sampah yang tidak ada income sama sekali buat kami,” ujarnya.

Melihat kejadian itu, Tim Gugus Tugas Kecamatan Lunyuk meminta agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. Selanjutnya pihak kecamatan langsung berkoordinasi dengan FK2D untuk segera mengambil tindakan tentang hal ini. FK2D juga diminta berkordinasi secepatnya dengan Kepala Desa Perung.

Sementara itu, portal yang ada di Desa Emang Lestari menuju obyek wisata Telang dan Pasir Putih dapat dikondisikan oleh Tim Relawan Desa dan Dusun setempat. Sehingga tidak ada warga yang membeludak ke lokasi wisata yang ada di Desa Emang Lestari (bs/aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.