Pasar Malam di Taman Kerato Dibubarkan 

oleh -76 Dilihat

Aparat gabungan saat membubarkan aktivitas di pasar malam di Taman Kerato

 

 

Beritasumbawa.com (12/5/2021)

SUMBAWA- Aparat gabungan dari Polres Sumbawa, Kodim 1607/Sumbawa, Brimob Kompi I Bataliyon B Por dan Sat Pol PP Kabupaten Sumbawa membubarkan paksa pasar malam yang berlokasi di bekas Pasar Taman Kerato, Selasa (11/5) malam. Hal ini dilakukan, karena aktivitas tersebut tidak berizin. Dikhawatirkan, kegiatan tersebut akan menjadi klaster penyebaran Covid-19. Mengingat, banyaknya kerumunan di lokasi tersebut.

Kapolres melalui Kasubbag Humas Polres Sumbawa, AKP. Sumardi S.Sos menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan back up atau pengamanan terhadap kegiatan Sat Pol PP. Dalam pelaksanaan pembongkaran dan pembubaran pasar malam di taman kerato.

Menurutnya, panitia kegiatan pasar malam tersebut, hanya memegang surat rekomendasi dari kecamatan. Tapi surat rekomendasi tersebut bukan merupakan surat izin resmi. Surat rekomendasi itu tidak memiliki kekuatan hukum tetap. Karena memang baik dari pemda dan pihak kepolisian tidak mengeluarkan atau memberikan izin di masa pandemi covid-19. Mengingat pasar malam tersebut dapat menimbulkan kerumunan massa, ditambah masih tingginya angka penularan Covid – 19 di Kabupaten Sumbawa.

kehilangan

“Sebelumnya, pasar malam tersebut sudah dari jauh-jauh hari diberikan imbauan untuk dibubarkan. Namun tidak juga dilaksanakan atau diindahkan. Hingga akhirnya harus diambil tindakan tegas,” ujar Sumardi.

Dalam pembubaran tersebut, petugas gabungan tetap mengutamakan SOP. Dengan menerapkan cara-cara humanis. Yakni mengimbau dan meminta para pengunjung untuk membubarkan diri. Sementara para pedagang diminta untuk membongkar sendiri lapak masing-masing.

“Kegiatan tersebut merupakan upaya pihak kepolisian bersama Pemkab Sumbawa. Untuk mencegah meningkatnya penularan Virus Covid- 19 di wilayah Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (bs/mei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.