Malam Lebaran, Ini yang Dilakukan Muspika dan FK2D Lunyuk

oleh -18 Dilihat

Patroli yang dilakukan di sejumlah tempat keramaian di Kecamatan Lunyuk

 

 

Beritasumbawa.com (12/05/2021)

LUNYUK- Unsur Muspika dan Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D) Kecamatan Lunyuk memperketat pengamanan malam takbiran di sejumlah pusat keramaian di kecamatan setempat, Rabu (12/5) malam. Hal ini dilakukan, guna mengantisipasi adanya gangguan menjelang Idul Fitri 1422 Hijriyah.

Dari pantauan di lapangan, patroli dilakukan di sejumlah tempat. Seperti di perempatan Desa Padasuka. Dimana perempatan tersebut adalah penghubung jalur dari berbagai desa. Seperti Desa Jamu, Desa Sukamaju, Desa Emang Lestari dan Desa Perung. Patroli pengamanan ini, dipimpin langsung oleh Kapolsek Lunyuk, Iptu. Sugianto. Sementara dari pihak kecamatan diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Lunyuk, Burhanuddin S.Pd., M.Pd selaku personel Koramil 1607/07 Lunyuk dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Lunyuk.

Kapolsek Lunyuk, Iptu. Sugianto mengatakan, patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kerumunan. Seperti takbir keliling serta suara motor berknalpot racing dan miras yang dapat mengganggu ketertiban di tengah masyarakat. Kegiatan ini juga untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya.

kehilangan
Kapolsek Lunyuk, Iptu. Sugianto

Sugianto mengungkapkan, saat patroli, terlihat banyak warga yang beraktifitas. Sehingga suasana menjadi ramai. Karena itu, tim patroli dibagi ke setiap titik rawan keramaian. Dibantu dengan BKD dan Linmas Desa padasuka.

Dalam hal ini, pihaknya berkeliling menyisir lokasi yang dianggap rawan miras dan balap liar. Juga mengunjungi masjid-masjid dan beberapa pesantren yang ada di Padasuka. Untuk memastikan bahwa takbiran cukup dilaksanakan di masjid dan di mushalla saja.

Sugianto mengungkapkan, saat pihaknya melakukan patroli, pihaknya mendapatkan informasi terkait kegiatan yang mengganggu. Langsung saja pihaknya bergegas menuju ke lokasi. Yakni di kawasan Dermaga Dusun Sumber Sari, Desa Perung. Di lokasi tersebut, tim patroli menemukan sejumlah anak muda yang berkumpul. Para remaja itu membunyikan sepeda mtoto mereka yang menggunakan knalpot racing dengan kencang.

Melihat tim patroli datang, para remaja itu langsung kabur melarikan diri. Tim hanya bisa mengamankan beberapa remaja saja yang tidak sempat kabur karena dihadang petugas. Kegda para remaja itu, tim kemudian memberikan peringatan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya. Karena apa yang mereka lakukan itu sangat mengganggu warga. Setelah itu, para remaja itu dibubarkan oleh petugas.

Tim lalu mendatangi kepala desa setempat dan meminta kerjasamanya. Guna mengawasi daerah setempat. Agar kejadian serupa tidak kembali terulang kedepannya. “Kami sama sekali tidak menyangka bahwa daerah yang selama ini aman, tapi malam ini terjadi hal di luar dugaan. Sementara daerah yang rawan malah aman-aman saja,” ujar Sugianto.

Sebelumnya, dalam apel persiapan patroli, disampaikan kepada semua peserta bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan hingga 16 Mei mendatang. “Pada hari H dan seterusnya akan dilakukan penjagaan membantu satuan FK2D di portal pintu masuk lokasi wisata. Sedangkan sebagian anggota akan melakukan pemantauan di tempat wisata. Untuk memastikan bahwa benar-benar tidak ada warga yang berkunjung ke lokasi wisata yang ada di Kecamatan Lunyuk,” pungkasnya. (bs/aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.