Dua Tahun Puskesmas Lunyuk Sempat Terbengkalai

oleh -31 Dilihat

Inilah bangunan baru Puskesmas Lunyuk

 

 

Beritasumbawa.com (9/5/2021)

LUNYUK- Hingga saat ini, bangunan Puskesmas Lunyuk yang baru tidak bisa difungsikan maksimal. Padahal, pembangunannya sudah dinyatakan selesai dua tahun lalu. Puskesmas ini sempat terbengkalai, karena bangunan dan fasilitas di dalamnya yang dinilai tidak layak.

Dari pantauan wartawan di lapangan, puskesmas tersebut sempat lama tidak difungsikan. Puskesmas itu juga sangat jarang digunakan. Bahkan saat wartawan mendatangi puskesmas tersebut sekitar pukul 07.40 Wita, gerbangnya masih digembok. Tidak ada aktivitas terlihat di dalamnya. Baru sekitar pukul 10.40 Wita, baru terlihat aktivitas petugas di sana.

Mantan Ketua BPD Lunyuk Rea, Syamsul Hidayat

Mantan Ketua BPD Lunyuk Rea, Syamsul Hidayat mengatakan, sejak awal, lokasi bangunan puskesmas yang baru tidak sesuai. Diungkapkan, dalam Musrenbang Kecamatan Lunyuk 2018 lalu, disepakati bahwa dilakukan renovasi puskesmas yang lama. Bukan pembangunan puskesmas baru di lokasi yang lain. “Bangunan baru juga lokasinya tidak sesuai. Karena dikelilingi sekolah dan rawan banjir. Apalagi lokasinya tidak berada di depan jalan,” ujar Toke Rolly, akrabnya disapa.

kehilangan

Toke Rolly mengaku sudah pernah melayangkan protes terkait hal ini. Namun, KUPT Puskesmas Lunyuk saat itu menyarankan agar dia melayangkan keberatan ke Dikes Sumbawa. Tiga kepala desa, yakni Kades Lunyuk Rea, Lunyuk Ode dan Padasuka juga sudah pernah melayangkan surat keberatan. Namun, tidak ada tanggapan dari Pemda Sumbawa ataupun pihak Dikes. Malahan, pengerjaannya diminta dipercepat.

“Ibaratnya nasi sudah jadi bubur. Mau bagaimana lagi. Kami hanya minta agar saat bangunan baru selesai, puskesmas yang lama tetap difungsikan. Kami juga minta pihak Dikes untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kami masyarakat berhak tahu. Karena pembangunannya itu menggunakan dana pemerinrah,” imbuhnya.

KUPT Puskesmas Lunyuk, Edy Susanto, Amd.Kep

Terpisah, KUPT Puskesmas Lunyuk, Edy Susanto, Amd.Kep, yang dikonfirmasi membenarkan bangunan baru Puskesmas Lunyuk belum difungsikan. “Memang betul puskesmas ini belum kami fungsikan. Mengingat bangunan dan akses masuknya belum layak untuk ditempati dan dilalui,” kata Edy kepada wartawan media ini.

Selain itu, fasilitas yang ada juga dinilai tidak layak. Seperti sulit nya air, banyaknya AC yang tidak berfungsi, pembuangan air kamar mandi yang tidak berfungsi, WC dan fasilitas lainnya sudah tidak bisa di gunakan. Kemudian akses masuk Puskesmas dari jalan raya, jika musim hujan akan sulit dilalui. Peralatan dan perlengkapan puskesmas pun belum semua ada di lokasi tersebut.

Salah satu bagian atap bangunan baru Puskesmas Lunyuk yang bocor

Kondisi puskesmas saat ini semakin memprihatinkan, karena saat sepi, banyak anak anak dari sekolah sekitar yang masuk ke dalam pekarangan puskesmas. Mereka kemudian bermain di dalam puskesmas. Bahkan berlarian di atap bangunan. Sehingga sekarang atap puskesmas bocor dimana-mana.

Edy mengungkapkan, memang dulu pernah dilakukan uji coba untuk menerima pasien rawat inap di Puskesmas Lunyuk yang baru untuk beberapa bulan. Namun hal ini tidak dilanjutkan. Selain karena bangunannya yang belum layak, saat itu juga ada protes warga. Kemudian beberapa bulan bangunan tersebut tidak difungsikan.

Namun, terhitung awal Maret lalu, pihaknya telah melakukan pelayanan rawat jalan dan tes lab di bangunan yang baru. Edy mengaku hal tersebut dilakukan sampai saat ini.

Dia juga sempat berkoordinasi dengan Sekretaris Dikes Sumbawa, Camat Lunyuk dan sejumlah anggota DPRD Sumbawa. Rencananya, semua kerusakan akan segera diperbaiki. Fasilitas yang ada juga akan segera dilengkapi. Pemasangan paving block juga akan dilakukan di bagian depan puskesmas, sehingga tidak berlumpur lagi. “Mungkin setelah itu, baru kami akan mengaktifkan puskesmas ini lagi. Jika ada hal lain yang diluar kewenangan saya, atau seperti permintaan beberapa warga, saya belum bisa berkomentar. Karena itu kebijakan dan keputusan kepala dinas,” pungkasnya. (bs/aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.