Rayakan Kuningan, Warga Diimbau di Rumah Saja

oleh -28 Dilihat

Kegiatan sembahyang umat hindu saat perayaan hari raya Kuningan, di Pura Dalam, Desa Sukamaju, Kecamatan Lunyuk

 

 

Beritasumbawa.com (24/04/2021)

LUNYUK- Menjelang hari raya Kuningan, umat hindu yang ada di Kecamatan Lunyuk, diimbau agar merayakan hari raya di rumah saja. Warga juga diimbau untuk tidak melakukan rekreasi ke tempat wisata.

Imbauan ini disampaikan langsung oleh Bhabinkamtibmas Desa Sukamaju, Kecamatan Lunyuk, Bripka. I Made Mudiana. Imbauan ini disampaikan setelah acara persembahyangan di Pura Dalam, desa setempat, Sabtu (24/4) pagi.

Bripka. I Made Mudiana, saat memberikan imbauan

Made, akrab anggota Polsek Lunyuk ini disapa mengatakan, selain karena covid-19 dan menghindari kerumunan, perayaan Kuningan ini juga bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa oleh umar muslim. Karena itu, semua pihak diharapkan untuk tetap saling menghargai antar umat beragama.

kehilangan

“Karena ummat muslim melaksanakan ibadah puasa dengan menahan haus dan lapar hingga waktu maghrib tiba. Sedangkan teman-teman umat hindu yamg merayakan hari raya Kuningan jelas akan membawa makanan dan minuman di tempat rekreasi,” ujar Made.

Selain menyampaikan imbauan made juga mengajak warga binaannya yang mayoritasnya adalah umat hindu, agar selalu menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Berbeda dengan hari raya Kuningan sebelumnya. Dimana perayaan Kuningan dilaksanakan di tempat rekreasi hingga sore hari. Bahkan perayaannya bisa berlangsung dua hingga tiga hari. Namun tahun ini bertepatan dengan pelakaanaam ibadah puasa oleh umat muslim. Juga masih terjadi pandemi covid-19. Karena itu, Bhabinkamtibmas memberi arahan kepada warga binaannya agar perayaan Kuningan tahun ini dilaksanakan cukup di rumah saja.

Sedangkan untuk acara sembahyangnya pun, saat adanya pandemi covid-19 ini diadakan secara bergiliran atau bertahap. Dengan membatasi jumlah warga, untuk menghindari kerumunan massa. B(bs/aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.